Wednesday, September 8, 2010

Rendang Perdana ku

Ahaiiiii, jadi juga gw masak rendang padang yang item, hwaaaaahhhh yummy banget deh ah!

Sodara-sodara setanah airrrrr, eykeh emang seumur idup blom pernah masak rendang, he-eh bener deh. Kebayang ribetnya bok, itu semua bumbu yang ada di tanah air Indonesia turun semua kedalem panci. Olalaaaaaah,.... Jadi selama ini kalow mo makan rendang ya nunggu bikinan mama atauuuu yang paling spektakuler sih nunggu kiriman aka import dari tanteku yang di Bengkulu, rendang blio terenak seantero jagaaaaaddddd :sembahsujud:

Yowes lah ya,... Gw pikir mau sampe kapaaaaan gak bisa begini. Ngandelin orang mulu.
Well, akhirnya dapet pencerahan seminggu yang lalu, Lebaran tahun ini gw mau makan rendang buatan gw sendiri, horeeee .... !

Mulailah googling, ahhhhh kalow googling ngga sembarang googling dong, harus cari referensi terpercaya. Pilih resep yang udah jadi bahan gosipan seru diantara ibu-ibu ahli masak, hahahaha....
Mencloklah gw di resep Uni Dewi Anwar,... Sebenernya ini resep udah gw bookmark dari kapan tauuuuu, 2th yang lalu mungkin?

Pas gw telaah resepnya, aaaaahhhhh gampiiiilllll ( sok gaya ! ). Duuuh, soalnya kan kata pak Mario Teguh kita harus percaya diri dan apa yang kita pikirkan akan jadi kenyataan, hehehe....

Jadi tadi pagi gw ke pasar deh tuh, hunting bumbu, karena kalo daging gw udah ada tuh di kulkas 3kg. Buat rendang gw pake sekilo ajah.

Dipasar, teronggoklah gw ditukang bumbu dapur. Dia orang padang aseliiih, bok. Segala bumbu rempah, yang mentah, giling, campur, ahhh semua ada. Tadinya tergoda ambil yang udah dicampur, tapi ngga deh, mau yang gw olah sendiri aja.
Total jendral gw beli bumbu dapur abis 30rb sajahhh, biiih bener-bener ini sihhhh.

Next, beli kelapa parut. Menurut resep pake 3 tapi Gw beli 2 aja krn besar-besar banget.

Setelah lengkap, pulang dehhh....
Sampe rumah langsung singsingkan lengan baju, dan masaaaaaaaaaaaakkkkk.

Kalow lagi masak yang kaya akan bumbu begini gw suka takjub sendiri,... Subhanallah, negri kita pantes aja dulu diincer orang europe sana ya lha wong yang namanya rempah-rempah semuaaaaa ada disini berlimpah ruah. Tadi aja gw pake ketumbar, lada, jintan, pekak, kapulaga, kayu manis, biji pala, kembang pala, jahe, lengkuas, asam jawa, ampuuuuun semua rempah dari sabang sampai merauke.

Singkat cerita,.... Jadi deh!
Duh, berapa lama ya tadi proses bikin rendang ngga gw jam-in. Yang pasti lamanya ya membuat bumbu itu jadi hitam dan kental, malah seharusnya jadi bubuk dan kering tapi karena lebaran masih lusa dan pasti akan diangetin berkali, kalo langsung gw bikin jadi bubuk nanti akan gosong.

Pas gw icip ( kan lagi ngga puasa, period ), ampuuuuuuuuunnnn maaaaakkkk, sumpritttt uenakkkkkk. Mantap buangetzzz,... Maem pake nasi pulen kepul-kepul, ampuuuunnn mak jaaaannn.....!
Andri yang baru balik kerja pas liat rendang langsung muji-muji dirikuw dan pengen cepet-cepet buka puasa, hahahaha.....

Aheemmm, bukan narsis yah itu semata-mata karena resepnya yang yahud punya, dan eykeh ikutin step-step nya sampe ngga ada yang missed satupun.

Alhamdulillah,.... Jadi jugaaaaa rendang perdanaku,...
Makasih banyak ya Uni Dewi Anwar, banyak berkah untuk dirimu :)

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...