Wednesday, September 29, 2010

Sekolah Di Manaaaaaaa..... ?

Sumpah gw pusiiiiiiing mau masukin kaka ke SD mana.
Apakah negeri unggulan atau swasta yang SDIT ( Sekolah Dasar Islam Terpadu ).

Setiap orang yang gw ajak konsultasi atau sharing, pasti pendapatnyapun beda. Malaaaaah tambah bikin bingung.

Si A bilang disana bagus disitu jelek.
Si B bilang disana jelek disitu bagus.
Si C bilang disana jelek disitu jelek.
Si D bilang disana bagus disitu bagus.
Si E bilang disini bagus disana dan disitu jelek,.....
Hwadoooooooohhhhhh .... Puyenglah.

Tadinya aku dan Andri udah klop masukin kaka ke SDIT Asy-Syukriah Cipondoh. Alasannya ya karena sekolah itu kwalitas agamanya cukup bagus ( katanyaaaaa ). Tentang biaya masuk lumayan mehonk juga buat aku, 12Juta dengan SPP 500ribu/bln belom termasuk catering 250ribu/bulan. Tapi kata Andri, bismillah aja insya Allah bisa. Yowes kita klop deh.
Jam belajar mulai 7am - 4pm. Full day school. Ngga masalah deh, karena ngga ada PR. Dirumah untuk istirahat aja.

Tapi setelah dapet too much info kanan kiri depan belakang atas bawah malah bikin kita batal tal bataaaaallll....
Alasannya? Ehm.... Tar kalo gw tulis disini kena UU ITE lagi, hehehe.

Pilihan selanjutnya SD Negeri unggulan di Tangerang. SD Sukasari 4, SD Sukasari 5, dan SD Negeri 6. Semua udah standard nasional. Bahkan SD 6 juga kelasnya udah AC semua. Itu salah satu point penting, bikin nyaman belajar. Ngga kebayang lah kalo sekarang sekolah kelas ngga pake AC, hot hot poooop deh :)

Kalow di SD negeri, ngga ada uang pangkal dan sebagainya alias gratis tis tis. Cuma setiap wali murid yang diterima biasanya patungan buat beli barang untuk menunjang belajar. Misalnya beberapa perangkat PC, AC, atau pernah juga rehab ruang guru, yaaaa kalo dikalkulasi lalu dibagi perorang/perwali murid ngga sampe 500rb sih, lumayan banget kan murahnya. Bandingkan dg swasta yang ( pernah ) jadi pilihanku.
SPP juga ngga ada, paling dana untuk kegiatan ekskul, ngga lebih dari 50ribu.
Duh pokoknya paket hemat bangeeeeeettt deh. Nyaman dikantong.

Tapi masalahnyaaaaa,.... Denger punya denger, liat punya liat, ampuuuunnnn pelajaran disana ( Negeri Unggulan ) luar biasaaaa ajaibnya. Ck ck ck, that's it.
Ampuuuun ini anak-anak mau dibawa kemanaaaa sih, heran! Secara anak murid di Jerman aja SD kelas 2 baru lancar baca!

Ya Tuhan,... Aku ngga mau anakku gila. Aku mau anakku normal, sehat jasmani rohani. Aku ngga mau anakku 'jenius' di usia dini tapi nol besar dan malah bosen sekolah di usia remajanya nanti.

Akhirnya aku kok ngga antusias masukin kaka ke SD Negeri Unggulan.
Bataaaaalllll.....

So?
Aku cari info lagi,...
Deket rumah ada sekolah alam, aku tertarik tuh tapi blom survey dan masih setengah-setangah hatiku. Yowes aku simpen aja dulu.
Lalu,... Ketemu dengan SDIT Al-Ikhlas. Lokasinya di kompleks perumahan Garuda Indonesia, Cipondoh. Sekitar 2KM dari rumahku.

Tadi aku telfon ke sekolahnya dan ini info yang aku dapet :
Uang Pangkal 10 Juta
SPP 350rb/bulan
Jam belajar 06:30-12:30 ( Kelas 1-3 )
06:30-16:00 ( Kelas 4-6 )
Kegiatan belajar Full Senin - Jumat.
Sabtu ekskul.
Materi pelajaran prosentasenya sedikit lebih banyak Agama dibandingkan dg materi umum.
Kelas full-AC
Murid dibatasi maksimum 24 orang/ kelas dengan dibantu 2 orang guru.
TIDAK ADA PR.
Makan siang ada catering, dikelola wali murid.
Tersedia jemputan.
Untuk test masuknya sendiri TIDAK ADA TEST CALISTUNG. Yang ada hanya test kemandirian ( misal : pup n pee sudah ngga minta bantuan ).

Wah, aku bangga lho ternyata masih ada sekolah berkualitas yang meniadakan test calistung di persyaratan masuknya secara diluar sana test itu WAJIB. Guru kelas 1 SD udah ngga mau lagi ngajarin anak muridnya membaca.

Pernah aku ke lokasi sekolah, hhmmm nyaman, banyak pohon rindang, ngga dekat jalan raya, ngga bising, lingkungan sekolah bersih aka sehat, halaman luas, Ngga ada tukang jajanan ( point plus lagi ).
Ya bisa dikatakan nyaman lah. Aku suka.

Pas konsul dg Andri, dia setuju. Alhamdulillah. Sementara ini sih sekolah ini yang sreg di kita. Bulan January '11 nanti akan ada open house, rencananya gw dan Andri akan datang untuk mengenal sekolah itu lebih jelas dan dekat lagi. Entah deh, makin sreg atau malah mundur,... Errrrrrrggghhhh.... Pusyiiiiing!