Thursday, January 26, 2012

Bintik-Bintik Mengganggu

Mimi khawatir banget kalow anak mimi ada yang beda sedikiiiiit aja.
Jadi my Li'l Shaolin aka baby Kenzie dua minggu terakhir ini dikulitnya suka timbul bintik merah kecil dan meninggalkan bekas warna coklat, hiks!
Curiga pertama itu nyamuk. Tapi kok ya kok lha kok, dikamar ngga ada nyamuk tapi itu merah-merah bintik tetap muncul kadang, huhuhuuuuu..... Kulit mulus bayiku ternoda T_T
Curiga lagi, jangan-jangan alergi ya bok, secara gw alergi berat, bokap gw juga, plusssss Larasati juga alergi. Gw inget-inget lagi, seminggu kebelakang gw makan apa yaaaa?.... Susu sapi udah gw stop, lalu apa?.... Hhhmmm ditelusur dan inget-inget, kayaknya gara-gara cumi. Minggu-minggu kemarin aku lg suka banget bikinin kaka Calamari. Dan dirikupun ikut makan.
Yaudin deh, ngga makan seafood duyuuuu. Jadilah pas BBQ-an taon baru gw mingkemmmm itu sama yang namanya bawal laut, ngeces doang liat yang lain maem. Gpp yaaaa, bawal tawar juga enak kok *makan bawal tawar sambil ngeliatin bawal laut*
Tapi hatiku tetap ngga bisa tenaaaaang itu liat kulit bayi ngga mulus :(
Yowes daripada stress, gw akhirnya tanggal 2 Januari 2012 ke Sentra Medika, sama dokter dikasi salep ELIDEL dan surat pengantar ke spesialis kulit.
Malemnya gw ke Hermina. Ke dokter Elly, SpKK. Dapet antrian no 8, dan sampe sana udah no antrian 6. Alhamdulillah ngga pake lama nunggu.
Dokter : ' Kayaknya kok kutu, nih' (sambil memeriksa bintik-bintik merah ditangan kiri kenzie )
Gw : ' Maksudnya, dok? ' ( anak gw kutuan, gitu? Hwaaaaaaaaa......! Serem amat! ' )
dr : ' Ini penyebabnya dari kutu. Dirumah ada banyak pohon?'
Gw : ' Ngga, dok '
Dr : ' Kalo jemur baju bayi dekat pohon?'
Gw : ' Ngga, dok'
Tiba-tiba gw inget .... ' Pi..... Jangan-jangan kutu yang suka muncul dari kayu di kamar?'

Ya,.... Begitu lah. Itu penyebabnya ternyata, kutu kayu. Jadi dinding penyekat 2 kamar anak di komplek perumahan ini semua kan terbuat dari kayu tebal yang lalu dilapisi semacam triplek tebal dua lapis. Nah karena gw pake AC dan gw split biar dua kamar kebagian semua *emakirit*, gw potong sedikit lah itu kayu, nah ternyata didalam rongga diantara 2 lapis kayu itu suka muncul kutu kecil. Sediiiiiiih deh. Yowes, besok kita basmiiiiiii ya, dek.

Gw : ' Tapi ini ada kemungkinan alergi, ngga dok ? Soalnya ada riwayat alergi di keluarga '
Dr : ' Kalo dilihat dari bintik merahnya sih bukan ya, dek. Kalo alergi itu merah melebar, banyak, dan ngga ada mata ditengahnya. Nah ini lain, khas, bintiknya kecil dan ditengahnya ada matanya, itu bekas gigitan. Lebih spesifik lagi, itu kutu.
Andri : ' Tadinya saya pikir nyamuk '
Dr : ' Ya, bisa juga. Tapi kalo menurut saya bukan. Dilihat dari bintiknya, bukan. '
Gw : ' Saya tadi pagi sudah ke dokter umum, dok. Dikasi salep Elidel. Sudah saya tebus, tapi blum saya oles karena saya mau konsul dulu dengan dokter Elly '
Dr : ' Oh,... Salep bagus, itu! Mahal lagi '
Gw : ' Iya dok, kecil begitu 200ribu ' ( Haaaahhhhh, penting yah pake dibahas?!)
Dr : ' Ya udah, itu Elidel kamu oles pagi hari, nah ini salep racikan dari saya kamu oles sore hari ya,... Jangan lupa kutunya dibasmi, trus pakaian dedeknya disetrika panas. Seminggu lagi kontrol '
Gw : ' Iya dok,... Makasih yaaaa '

Ya ampuuuuuun, ini kok kaya dejavuuuu ya,... Dulu kaka seumur kenzie juga begitu, tapi penyebabnya kena percikan susu sapi yang gw minum. Merah seluruh muka dan leher. Dikasi salep Elocon dan langsung hilaaaaaaang sekejap mata. Trus pernah juga kena gigitan nyamuk, bekasnya ngga langsung hilang, huhuhuuuuu..... Anak gw kena 'darah manis' .... padahal gw ngga.
Alhamdulillah sekarang ada Nutrimoist-nya CNI yang sedikit banyak bisa menyamarkan noda bekas gigitan nyamuk. Langganan deh jadinya, untung gratis, qiqiqiqiq.

Apa gw emak parno atau gimana yaaaa?... Anak 'lain' sedikit gw langsung panik-an, huhuhuuuuuu. Namapun emak-emak kali ya. Ini aja baby shaolin masih asi ekslusif, gimana kalo udah 6bln keatas yang mana dari banyak pengalaman, penyakit common cold udah mau hinggap? Stress deh bawaannya. Semogaaaaa ya semoga, gw masih tetap hati untuk menjadi ibu penganut RUM. Ngga sembarangan kasih obat.


UPDATE:
Setelah diberikan 2 macam salep itu kok merah-merah kenzie ngga hilang juga bahkan tiap hari muncul ada lagi yang baru, stress banget gw!
Tadinya cuma ada dilengan kanan bagian atas luar. Lalu ada di badan perut dada punggung, belakang leher, kaki paha, kepala, muka, sediiiiiihhhh liatnya. Emang ngga terlalu banyak banget tapi ya lumayan mengganggu wajah ganteng shaolin unyu-unyu ituuuuu :(
Padahal itu kutu udah ngga ada lagiiiii, tp kenapa bintik merah masih aja muncul? hiks!
Seminggu setelah ke Sp.KK kan harusnya kontrol, tapi gw blom bisa ke dokter lagi karena Andri lagi ngelembur terus sampe jam 10pm tiap hari.
Andri bilang ,' Mi, aku blom bisa nganter, coba aja bawa kenzie ke bidan situ dulu ( deket rumah ). Coba kalo menurut bidan kenapa? '
Yowes akhirnya gw konsul ke bidan, dan katanyaaaaaaaaa Kenzie kena : .... .... CACAR !!!
Yassallam....., ' Soalnya lagi musim, bu'
Si bidan ngasih kenzie obat 2 macam, paracetamol syrup dan antibiotik syrup, juga 1 salep khusus cacar.
Sampe rumah gw lempar itu obat-obatan*esmosi*
Huhuhuuuuuuuuuuuu......... Kok bisa nyimpulin cacar sih? *speechless*
*googling sampe bego*

Jadilah Jumat malamnya, Andri ( yang akhirnya bisa pulang ontime kerna kerjaan sudah beres ) , langsung ngajak istrinya yang stress berat ini ke dokter kulit langganan. Bukan yang di Hermina. Tapi dokter Sp.KK yang terkenal banget di Tangerang, ini dokter udah turun temurun jadi dokter kulit dari mulai kakek, bapak, sampe anaknya. Terbukti ampuhnya. Dari awal Kenzie kena gangguan kulitpun gw udah pengen bawa kesitu, karena dari mulai adek gw, Andri, kaka, tetangga-tetangga semua cocok kesana.  Tapi andri prefer bawa kenzie ke Hermina alasannya tempat praktek dr. Kamal itu emang rada spooky. Sampingan dg RSU Tangerang, bangunannya oldies abies, depannya ada pohon gede, rada lembab pula, kursi-kursinya aja itu sama persis dg seperangkat kursi tamu yang ada di rumah eyang gw di Salatiga dari tahun 1960-an, hadeeeuuuuh. Pokoknya ngga seperti tempat praktek Sp.KK sekarang pada umumnya yang chic gitu deh, jauuuuuuuuuhhhhhh. Kasian aja bawa kenzie kesana, tapi *seperti yang udah gw duga sebelumnya* akhirnyapun kita kesana jugaaaaa *sembah dr. Kamal*

Begitu masuk ruang praktek, kulit kenzie di perhatikan dengan seksama pakai senter dan kaca pembesar.
Bertanyalah blio ' bla bla bla bla bla bla?...'
Gw jawab,' Bla bla bla bla bla.....'
Intinya : ANAK GW DARAH MANIS.
Hwaaaaaaaaaaaaaaaa........ :'(
Anak-anak gw DUA-DUANYA kena darah manis *gerung-gerungdiatasgenteng*
Emang sih bukan penyakit berbahaya, tapi secara estetika kurang bagus aja :'( Astaghfirullah, ampuni aku ya Tuhan,.... Yang sering mengeluh ini.

Jadi selain dianjurkan untuk sering-sering bersih rumah, pakai baju celana panjang kalo bawa Kenzie jalan-jalan sore keliling sekitar rumah, Kenzie dikasih salep racikan, puyer antibiotik dan vitamin. Semua gw tebus dan seperti bisa ditebak, puyer dan vitaminnya sampe rumah gw lempar. Cuma salepnya aja yang continue gw aplikasikan ke kulit kenzie.

Maaf sodara-sodara kalow dalam postingan kali ini saya terkesan menyia-nyiakan obat-obatan. Tebus lalu lempar aka buang begitu saja. Tapi ya gimanaaaaa,..... anak gw kan masih ASIX dan gw juga ngga mau sembarangan kasih obat ke anak. Emangnya anak gw makhluk eksperimen?! Obat apalagi antibiotik boleh masuk kalo sifatnya mendesak dan wajib aja.

Oya,... So far setelah 3hari pake salep dr.Kamal blum menunjukkan hasil yang signifikan sih, hanya aja memang bintik merahnya jadi ngga meradang seperti sebelumnya. Dr.Kamal juga bilang, yang terutama itu harus menghindari pencetusnya biar ngga kambuh lagi. Dan yang namanya pengobatan itu ngga bisa instant, perlu proses. Bekas bintik bisa hilang tapi perlu waktu. Yaiyalahhhh,.... Semua hal juga butuh proses. Tuhan aja menciptakan dunia ini lewat 7 tahapan.

Dan kalow dua bulan kedepan hasilnya blum memuaskan gw rencana akan bawa Kenzie ke dr. Ronny Handoko di Jembatan 5. Sowalnya anak temen gw dibawa kesitu langsung sembuh aja dan ngga kambuh lagi. Padahal sebelumnya diapun udah ke 2 dokter. Ke dr Ronny ngga nahannya adalah soal ngantrinya. Anak temen gw aja dapet antrian yang baru diperiksa pas udah,...... jam 1 MALAM aja gituuuuuuh *lapkeringet*

Doakan saja yah, my baby shaolin sembuh tanpa musti kesana, amien ya Allah.









Update Today :
Alhamdulillah bintik itu perlahan pergi, selain salep yang dari dokter kamal, tiap hari Kenzie gw mandiin pake Lactacyd baby dan air rebusan daun sirih.

2 comments:

Nur inayani indah said...

Assalamualaikum sis mau tnya klo dr kamal alamat praktek nya dmn ya ?

Unknown said...

Tau jadwal dokter kamal tidak?

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...