Thursday, January 26, 2012

MPASI Earlier, Why?

Ditulis 21 Januari 2012
Ngga ngerti apa sebabnya, my baby Kenzie kalow nyenyen itu kok ya ngga gragas seperti bayi pada umumnya, dan kaka pada khususnya.
Mostly kalow bayi itu nenennya gragas dan kalo nangis kan ya langsung cep diem kalo udah di nenenin. Tapi sebaliknya, anak gw ngamuk kalow lagi nangis trus dijejelin nenen :(
Jadi kalo mo nenenin baby kenzie itu pas dia anteng. Itupun juga nenennya ngga lama, padahal tiap gw nenen pasti deh LDR, keluar banjirrrr deres buanget. Sampe gw sedih sendiri tiap lagi menyusui asi gw banyak yang tumpah kesana kemari. Ke pipinya, ke kupingnya, ke lehernya, sampe ke alas bobo-nya basaahhhhh. Sampe nih *maaf* kalow gw lagi 'bermesraan' sama Andri, pasti ikut juga itu asi keluar.

Kadang Kenzie bener-bener keukeuh ngga mau nenen. Sampe sedikit gw paksa, jadilah dia ngamuk-ngamuk. PD gw udah bengkak mangar-mangar. Sakiiittttt, bok. Nah jadi gw peres lah si PD. Gw tampung di gelas dan gw sendokin pelan-pelan ke kenzie. Dan alhamdulillah masuk. Tapi karena gw ngga ahli meres jadi ya paling hasil perasan gw cuma 75cc, dan diperes itu sakit, bok ternyata ya :(

Ya ampun, dek... Masa' sih pake sufor?.... NO! Perasaan gw hancur banget, asi gw melimpah ruah masa' anak gw kasih sufor? Ibu macam apa dirikuuuuh?
Alhamdulillah sufor jauh dari angan-angan sih. Gw tetep nyusuin kenzie walo dia maunya ngga terlalu sering. Karena bagaimanapun juga ASI adalah yang terbaik dan ASI itu hak anak.

Trus,.... Karena kenzie keadaannya seperti itu dan gw takut kedepannya getting worse, lalu kok ya terbersit dipikiran gw untuk memberikan MPASI lebih awal, ditambah gw trauma juga dg pengalaman bahwa kaka maem MPASI-nya jadi susah buanget setelah lulus ASIX 6 bulan. Dibandingkan dengan sepupu-sepupunya yang MPASI 4 bulan, appetite-nya pada bagus. Ya,... Kasus anak-per anak memang bersifat individu sih ya,... Tapi berkaca dari pengalaman yang sudah-sudah, walopun memang sangat dianjurkan untuk memberikan MPASI 6 bulan, gw kok merasa kenzie perlu gw perkenalkan ( INGAT, P-E-R-K-E-N-A-L-K-A-N ) dengan MPASI di usia sekarang ini 4,5bulan. Dengan berat badan 7,5kg.

Setelah semedi, browsing sana sini, googling sampe mentok, dengering kata hati, dengerin pengalaman mama, pengalaman teman-teman, ..... Tepatnya pertanggal 8 Januari 2012, gw mengenalkan Kenzie dengan ........ PISANG AMBON. Dan karena tujuan gw itu memang HANYA mengenalkan, harapannya biar dia ngga kaget maem dan appetitenya bagus ketika usianya 6 bulan nanti saat MPASI benar dibutuhkan, emang cuma sedikiiiiiitttttttt gw kasih. Cuma 1/4 sendok teh pisang yang dikerok halus. Kebayang ngga sih betapa sedikitnya itu.
Reaksi Kenzie?
Surprisingly dia kunyah, dia bisa menggerakkan lidahnya seperti orang mengunyah. Mengecap-ngecap lalu mendorong makanannya masuk kedalam. Walopun ya tentu saja ada yang keluar, namapun baru kali pertama jadi wajar aja dia masih belajar, i think it's normal.
Yang jelas reaksinya tidak seperti kaka waktu pertama kali diberikan MPASI yang begitu makanan disendokkan kemulutnya dia langsung menjulurkan lidahnya keluar sampe lamaaaaaaaa :'(

Dan melihat kenzie mampu diberi pisang bukan berarti porsinya lalu gw tambah dan jenis makanannya akan bervariasi. NO. Untuk awal akan gw kasih maksimal 1 sdt peres dulu sampe 2 minggu ini. Tujuannya bukan untuk pemenuhan gizi soalnya ( Gw yakin ASI gw masih mencukupi ) . Tapi hanya untuk perkenalan sajah. Biar dia ngga kaget. Nanti di usia 5mos baru gw tambah porsinya. Sambil melihat apa dia alergi dan pup-nya gimana. Kalow semua baik-baik saja akan gw kenalkan alpukat mentega. So far sih pupnya masih seperti biasa aja, sekali sehari dengan tekstur yang tidak berubah, cenderung lembek.

Oya,... Kenapa gw perkenalkan pisang terlebih dahulu dan bukan tepung gasol? Karena selain dari pengalaman para pendahulu kita, ternyata ada yang menyatakan bahwa sebaiknya MPASI itu awalnya memang buah. Ini ada LINK nya. Dibaca yaaaaaa....

Dan,... Acuan gw untuk MPASI baby Kenzie semua gw contek dari Wholesome Baby Food. Monggo silahkan kalow ada yang mau ikuuuuuutttttt, dibuka link-nya. Dijamin dehhhh, yang ngga bisa masakpun juga langsung jago bikin MPASI.

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...