Thursday, October 16, 2014

Kronologis

Rabu 8 Oktober 2014... aktifitas pagi bapak berjalan seperti biasa.
Setelah sholat subuh di masjid, bapak ngajak ibu (aku panggil mama mertuaku dg 'ibu') jalan keliling komplek.
Abis keliling... bapak ibu ngeteh diteras.
Dan beraktifitas normal lainnya. Bapak dirumah banyaka peliharaan. Banyak burung2 bagus ky lovebird dsb (aku ga tau jenis2nya. Yg aku tau bapak sering beli burung harga 1 jutaan lebih/ekor) banyak juga ayam ketawa, urus tanaman2 dsb. Semua normal

Pas siang sekitar jam 1 lewat. Bapak ngajak ibu pergi ke Perum, karawaci. Kerumah temennya. Berdua mereka pergi.

Ditengah jalan. Udah menjelang sampe tujuan. Bapak ngeluh pusing kleyengan sama ibu. Trus bapak menepi.
Bapak pusing, muntah-muntah.
Ibu langsung pergi ke warung padang beli teh manis anget. Bapak minum sedikit.
Ngeliat kondisi bapak menurun. Ibu cari taxi... tapi ngga adaaaaa (damn you segala macem film ada adegan org lg penting tau2 dg indahnya taxi selalu muncul, ky ada malaikat lewat).
Akhirnya ibu minta bapak2 lewat buat nyetirin ke klinik. Alhamdulillah ada yg mau.

Sampe diklinik deket rumah, diperiksa dokter, dokter lsg rujuk ke RS. Bapak nolak. Tp ibu membujuk.

Sampailah di IGD RS. Awal Bros. Ditangani lah bapak. Disitu ketauan kalo bapak kena serangan stroke (astaghfirullaaaah). Dan tubuh bagian kiri lumpuh.

Diagnosa awal itu didapet stlh bapak diperiksa CT scan dan radiologi.

Itu sekitar jam 6 deh.
Posisi aku masih dirumah.
Andri masih kerja.
Sekitar jam 7 kita baru berangkat ke RS.

Sampe di RS... kondisi bapak udah bikin kita kaget. Udah dipasang selang selang dan bapak ngorok kenceng. Dan udah ngga sadar. Duh 😢

Disana udah ada tetangga2 ibu, hendha (adek andri dan istrinya) dan hendhi (kembarannya hendha). RS awal bros blg bahwa bapak harus dirujuk ke RS yang ada ruangan HCU nya. Dan udah tlp ke beberapa RS... mereka semua jawab penuh 😭
Aku kesel. Ini semua RS nolak karena emang beneran penuh atau karena bapak pake BP*S?

Udah deh... akhirnya aku inisiatif aja telpon2 ke RS RS.
Dan.... tidak memakai nama BP*S nya.
Aku pake nama kantor aja. Angkasa Pura II.
Heran banget kenapa ini semua segini banyak orang ngga ada yang inisiatif pake nama AP sihhhhh. Pdhl kan tetangga2 yg lagi disitu juga semua pegawai (dan pensiunan AP)... sumpah jengkellllll bangeeettt saat itu. Kenapa semua pada pasrah aja ke BPJ*. Ini bapak kena stroke lhooo bukan kena pilek! Penanganannya wajib cepat.

Udah deh ya... aku sama Andri telpon RS.
Aku inisiatif telp Omni International Hospital. Karena tetangga mamaku belum lama dirawat disana. Dan memang Angkasa Pura bekerja sama dg Omni.
Dan alhamdulillaaaaaaah disana buanyak bed kosoooooong. Allahuakbarrrr.

Asli abis dapet kamar. Aku rada ngomong kasar ke hendha. Aku rada bentak "tuh ada kamar. Udahlah lain kali ga usah lagi lagi pake itu B*JS!!!"

Ngga lama hendha nyamperin aku bilang "sblmnya maaf mba... soalnya bapak dari awal (dari pas di klinik) pake bpjs jd RS ini jg asal mau rujuk ke RS lain ya blgnya bapak pasien B*JS".
Hiksss... aku jd ngerasa bersalah. Aku blg "maaf jg hen.... mba idha ngga nyalahin hendha kok. Ya udah skg kita urus admin sama pindah bapak aja"

Sekitar jam 10:30pm bapak dipindah ke Omni Int'l hospital.
Di IGD lsg ditangani dan kata dokter dg kondisi bapak... itu harus di ICU bukan di HCU lg.
Kita serahkan semua ke dokter. Yang penting nyawa bapak selamat.
Disana jg di MRI dsb.

Jam 12 aku, ibu, andri dan anak-anak pulang. Sedangkan hendi, hendha dan istrinya, stay di Omni.

Kamis 9 Oktober 2014
Andri ambil cuti penting. Jadi pagi bisa ke RS sama ibu, dan mama papaku. Aku sama anak2 baru kesana sore karena kaka baru pulang sekolah jam 3pm kan. Mana kaka juga lagi midterm test.

Sampe sana ngeliat kondisi bapak.... hikssss.
Selang disana sini.
Dan dari MRI terlihat bapak mengalami penyumbatan di otak.
Ada dibeberapa titik. Di otak besar ada beberapa tp kata dokter itu ngga terlalu signifikan.
Yang jd permasalahan serius itu karena ada penyumbatan di batang otak.
Itu pusat keseimbangan. Makanya waktu diserang... bapak ngeluh pusing, muter muter, kaya vertigo, muntah.
Lalu dokter menjelaskan bla bla bla..... intinya. Perjalanan bapak untuk bisa kembali seperti sediakala itu panjaaaaaaaang sekali.
Bapak juga masih perlu di ICU setidaknya 7hari.

Bersambung

posted from Bloggeroid

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...