Tuesday, May 19, 2015

My Own Banana Cake Recipe

Kapan itu beli pisang ambon lain jenis. Kenzie kan hobi ngemilin pisang eh tapi ternyata kenzie ngga suka yang jenis ini. Kenzie suka pisang ambon sukabumi atau cavendish dan kemaren tuh pas lagi kosong. Yowes akhirnya dari 10 yang dimakan cuma 4 sisanya sengaja aku matengin banget sampe item kulitnya dikulkas.
Mau bikin banana cake buat mama.
Aku kan entah kenapa kalo banana cake buatanku sendiri ngga suka. Tapi kalo cake pisang Villa batam mah jangan ditanyaaaa... kalo tanteku di Batam kesini, itu 1 kotak bisa aku abisin sendiri dalam setengah hari. Asli uwenaaaaak aku suka aku sukaaa.
Pernah nyontek resep katanya sih niru cake villa tapi pas aku praktekin lha kok beda sih. Entah salah dimana. Males juga ngutak ngatik resepnya.

Nah kemaren tuh niat deh jam 8 malem bikin cake.
Mikir... dilema banget antara mau bikin marble atau banana cake. Tapi inget pisang yang udah mateeeeng banget... yowes pilihannya ke cake pisang.
Males liat resep, aku pake resep ngarang aja. Alias aku kreasiin sendiri. Pas udah jadi, ngga berharap banyak sih.
Eeeehhh oh ternyataaaa.... rasanya enaaaaak. Jauuuuh lebih enak dari yang kemaren2 aku bikin. Yang pake nyontek resep orang. Hihihi... duuuh asli ini akan jadi resep favorit banged.

Ini dia resepnya... ini asli ngarang aja, ga liat resep siapa-siapa. Asli resep aku

Banana Cake

Bahan A:
4 butir telur antero
100 gram gula aren
50 gram gula pasir
1 sdt SP

Bahan B, campur dan ayak:
200 gram terigu serbaguna/segitiga biru
1/2 sdt soda kue
2 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Bahan C:
400gram pisang ambon yang matang sekali. Hancurkan dengan garpu. Jangan sampai halus ya. Hancur kasar aja.

Bahan D:
75cc Susu kental manis putih

Bahan E, campur rata:
100gram mentega cair
50cc minyak goreng

Cara Membuat:
Panaskan oven sampai di 160 dercel.

1. Kocok bahan A dengan mikser kecepatan rendah lalu ke tinggi selama lebih kurang 10-15 menit sampai mengembang dan kental berjejak. Ribbon stage ya.
2. Turunkan kecepatan mikser sampai speed paling rendah. Masukkan bahan B dan C secara perlahan dan selang-seling. Matikan mikser. Aduk perlahan dengan spatula. Asal tercampur aja ya.
3. Masukkan bahan D secara menyebar di adonan. Tidak perlu diaduk. Lalu...
4. Masukkan bahan E, aduk dengan teknik aduk balik dengan spatula. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Pastikan tidak ada mentega cair/minyak yang tidak tercampur sedikitpun. Atau tertinggal dibawah. Ini yang bikin bantat lho. Untuk lebih jelas... sila liat di youtube 'how to fold the batter'.
5. Masukkan ke dalam loyang tulban diameter 25cm atau loyang kotak/bulat ukuran 20cm.
6. Masukkan kedalam oven suhu 160dercel, panggang selama kurang lebih 40menit. Tes tusuk dan jika sudah matang, segera keluarkan dari oven.

Siap dinikmati. Lebih enak dinikmati beberapa jam setelahnya ya... tapi ini selera sih. Ada juga yang suka dimakan hangat-hangat.
Yang jelas cake ini enaaaaaak bangetttt. Anak-anak dan Andri sukaaaaa. Ini yang tadinya mau buat mama malah abis dimakan sendiri. Buat mama aku bikin lagi. Karena pisangnya tinggal 2, akhirnya aku buat setengah resep aja dan pakai loyang kotak 10x20x4cm.








No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...