Friday, November 6, 2015

3 Agustus 2015 Tangerang-Kr.Anyar Kebumen

3 Agustus
Seperti biasa kalo paginya ada acara penting, malah malemnya aku ga bisa tidur. Kali ini pun persis.
Aku baru bisa tidur jam 1 pagi.
Jam 3:30 pagi udah bangun.
Semua sih udah disiapin dari malam sebelumnya. Tinggal beres2 badan aja. Mandi mandi.
Sama siapin bekal dijalan. Aku bikin telor dadar dan kemaren beli rendang 10 potong khusus buat makan di kereta. Sama snack-snack sedikit. Aku juga bawa 1 box cake pisang Vila khas Batam spesial dari tanteku di Batam. Ini salah satu cake favorit kita sekeluarga. Kemaren tanteku bawain 4 box khusus buatku, aaaah senangnyaaa.

Jam 3:30 bangun langsung mandi, bangunin kaka n andri, trus dandan sedikit.
Jam 4:30 kenzie aku bangunin, udah siapin mental untuk drama tapi alhamdulillaaaaah kenzie dengan senang hati bangun karena aku bilang "dek ayo bangun... nanti kita naik kereta lho". Wiiih langsung bangun antusias dengan happy, yeay!!!. Memang dari malam udah kita sounding kalo kita mau ke jawa naik kereta. Dan anak ini emang maniak banget dg yang bau-bau kereta, hihi.

Jam 5:05 taxi pesenan kita datang. Andri pesen lewat aplikasi. Alhamdulillah lancar.
Tepat jam 5:15 sesuai jadwal kita, kita berangkat.
Bismillahirahmanirahim.
Aku bikin status: Bismillah, semoga sehat, lancar, selamat, mudah, sehat, berkah, aamiin.

Yup betul, sehatnya disebut 2x :)

Perjalanan dari Tangerang-Senen kita lewat rute tol Sedyatmo, Bandara Soetta. Mencegah kemacetan Jakarta yang ngga bisa diprediksi.

Daaaan.... sampe di Senen tepat 1 jam kemudian. Jam 6:15. Padahal kereta kita baru berangkat jam 8:15 hehehe. Ngga apa2 yah daripada terlambat lebih baik menunggu walo agak lama. Karena masih lama jadi kita blom bisa masuk peron.

Tapi ternyata waktu 2 jam itu ngga terasa kok.
15 menit sampe sana kita malah sarapan hehehe. Kan tadi ngga sarapan dirumah.
Kita sarapan pake bekal yang aku bawa.
Selesai sarapan kita jalan-jalan aja disekitar stasiun. Sempet ke toilet juga dan pas keluar aku celingak celiguk cari 'kotak tarif/bayaran' yang ternyata ngga ada. Wah bagus, salah satu pungli juga dibasmi.

Dan ga lama kemudian sekitar jam 7:30 kita boleh masuk peron deh.
Duh aseli aku takjub banget sama peron stasiun kereta sekarang yah. Bersiiih. Ga riweh dan jorok lagi. Ga ada asongan. Banyak polisi KA. Jd hati lebih aman. Pokoknya cinta deh.

Sekitar jam 7:50 kereta Sawunggalih Utama datang. Yeay... kita langsung masuk kereta dan cari seat yang udah kita pesan.
Kesan pertama:
Bbbrrrr... dingiiiiinnnnn.
Jadi nyesel sejadi-jadinya ga dengerin saran Andri suruh bawa jaket. Aku cuma bawain kenzie n Andri aja.
Aku skeptis duluan, aku pikir aaahhh seberapa sih dinginnya di KA indo #sesal.
Percaya deh, ini bener-bener DINGIN. Ngga ada di gerbong ini yang ngga jaketan. Kecuali eykeh Huhuhuuuu. Mana shawl aku pake ketinggalan pula padahal udah aku siapin diatas lemari baju kenzie. Tinggal di tenteng. Duh!
Kaka yang ga aku bawain jaket, langsung aku bungkus kemeja panjangnya dan jilbab. Alhamdulillah aman. Sedangkan aku cuma selamatin leher pake bantal leher, lumayan deh daripada lumanyun tapi pada akhirnya aku ambil sarung, yup... sarung. Bodo amat deh keliatan gimana,... daripada gw mati kedinginan bok. Alhasil selama perjalanan 6 jam itu aku ngga bisa bobo sama sekali huhuhuuuuuu... karena dingin banget itu. Mana AC nya bener2 hampir pas kena ke kursi kita pula. Duileeeee.

Tepat jam 8:15 kereta berangkat. On time.
Dan ngga berhenti sampe di statiun Cirebon. Bravo!
Sesuai jadwal banget, yup gw emang masih takjub dg ketepatan jadwalnya yang ngga meleset semenit pun.

Sampe di stasiun Cirebon jam 11:03.
Emang sebenernya enak banget naik kereta yah. Dg waktu kurang dari 3 jam udah sampe Cirebon. Bayangkan kalo naik mobil sendiri. Paling ngga bisa 5jam kan.

Pas gw liat wikipedia... wah lumayan nih berhentinya agak lama.
Karena aku kedinginan, aku keluar kereta sebentar. Sekedar hirup udara hangat (udik deh... gimana mau jalan2 ke yurep #mimpi).
Disini lagi-lagi aku dibuat takjub.
Banyak banget Polisi KA nya. Seliweran aja mereka.
Kalo begini kan kita jadi merasa aman yah. Ngga kaya dulu, naik kereta tuh identik sama maap yah 'kumuh'. Karena suasana di dalam kereta atau diluar kereta (stasiun) tuh bejubel orang asing lalu lalang. Bebas semua orang ga jelas bisa masuk-masuk stasiun/gerbong. Bikin parno.
Tapi sekarang? Jomplang deh.
Duh rasanya ngga abis-abis deh ngomogin hasil reformasi PT. KAI. Mending cuzzzzz langsung pada nyobain deh naik KA, dijamin ketagihan hihi.

Menjelang (atau ngga lama sesudah yah aku lupa) stasiun Cirebon kita disuguhi pemadangan Gunung Ciremai di sebelah kanan kereta. Cantiiik deh. Dan kita berempat heboh wkwkwkwk. Duileeeee norak banget liat gunung aja seneng! Asli aku ngakak liat ekspresi kaka n kenzie yang heboh. Hahahahahah. Walo mereka udah pernah liat Gn. Merapi Merbabu, Gn. Gede Pangrango tapi kalo liat gunung tetep aja kaya orang baru pertama kali liat (emaknya padahal juga) xixixixi.

Selepas Cirebon, pemandangan mulai menghijau. Kalo tadi kan sawah flat aja yah. Secara pantura kan. Begitu masuk jalur selatan wiiiiih.... keren banget. Sawahnya hijauuu, ada kebun kebun, hutan kecil, sungai, jalannya juga berkelok-kelok (kita bisa liat gerbong paling buntut). Suka bangetttt deh.
Aseli aku menikmati banget perjalanan ini. Ngga bisa tidur padahal ngantuk. Ini gegara efek kedinginan juga sih :(
Kaka kenzie andri bolak balik bisa tidur. Kaka n kenzie selama perjalanan bobo 2x. Kalo Andri 1x.

Akhirnya sampe juga di stasiun Purwokerto.
Wah... besar yah ternyata stasiunnya. Mana sepiiiii. Rapi. Bersih. Suka!

Setelah Purwokerto kita mulai lagi perjalanan berkelok-kelok. Bener2 berkelok. Andri kan liat di aplikasi jogtracker. Bisa diliat disitu peta, rute dan kecepatan kereta kita. Asli jalur yang kita lewati itu meliuk-liuk kaya ular tangga #lagilagindesoooo

Menjelang kita turun... kita lewatin terowongan terpanjang dan tertua di Pulau Jawa. Terowongan Ngijo namanya. Yeay!!!

Singkad cerita sampailah kita stasiun tujuan, Karanganyar. Alhamdulillaaaah. Perjalanan kereta hari ini berjalan lancar. On time sangat. Kita sampai di tujuan sesuai jadwal bangetttt

Bravo buat PT. KAI atas perubahan perkeretaapian yang 'ajaib' ini. Pastinya ngga mudah ya menata seideal ini. Tapi alhamdulillah bisa.
Maju terus PT. KAI !!!

Pastinya setelah ini, naik kereta makin jadi transportasi fav aku. Dasarnya udah suka, makin cintaaa deh sekarang.

Enihaw.... di stasiun kita udah dijemput mama, lening (adik bungsu papa), dan 2 sepupu aku yang ganteng-ganteng Dwi dan Rizky ( anak lening)

Perjalanan dari stasiun ke rumah Mbahku itu kurang lebih 10KM. Iyaaa.. masih masuk kedalam lagi. Ngelewatin hutan pinus. Duuuh kalo lewat jalan ini bener-bener dejavu. Langsung flashback ke masa kecil.

Sampe dirumah mbah, kita disambut sama... banyak orang hehehe. Ga bs disebut satu-satu.
Yang pasti disana rame banget banyak orang.
Yang khusus masak aja ada 4 orang. Belom lagi yang bantu-bantu. Bahkan kata mama sehari sebelum aku dateng, disana ada 28 orang. 4 orang masak masakan, 14 orang khusus bikin jenang/dodol.
Kita potong kambing 4 ekor. Iyaaa sebanyak itu.
Aseliiiiiii buat aku yang maniak kambing, surgaaaaaa banget.
Semua masakan serba kambing.
Itu kambing diolah berbagai macam cara: digoreng, digulai, di sop, di oseng-oseng, disemur. Oh GOD.... heaven. Dan masiiiih aja buanyaaak. Tetangga semua kebagian. Alhamdulillah.

Oya berkat naik kereta (ini ceritanya belom bisa move on dari takjub naik KA hahaha. Noraknya ngga ilang2) ngga capek sama sekali. Bukan kaya abis lewati perjalanan 600KM, badan masih seger aja. Jadi aku seger waras aja sampe malem. Ngga ngantuk. Padahal malam sebelumnya aku cuma tidur 2,5jam kan.
Daaaaaan.... pas udah jam 10 malem, saat udah pada sepi, Kenzie minta pulaaaaaang dong #pitessssskenzie