Wednesday, February 8, 2017

Cerita Muka

Kalo sebelumnya gw cerita soal rambut, sekarang mau ceriita soal muka.
Kulit wajah gw berminyak, jadi masalah jerawat udh khatam deh. Untungnya seiring umur gw lewat dari 30 ilang sendiri, kalopun ada juga jaraaaang. Alhamdulillah. Muka tanpa jerawat itu anugerah banget buat gw. Inget dl gimana stressnya ngadepin jerawat dan doa siang malem supaya Tuhan hilangin jerawat gw huhuhuuu.
Ada satu cerita, yang buat gw ngga lucu sama sekali (pd saat itu) tapi pas sampe rumah dan gw cerita ke sahabat gw, dia malah ngakak guling2. Ih jahatnya kamuuu hiks.
Jadi dulu gw pernah jerawatan parah bok. Semuka. SE MU KA. ada jerawat kecil, besar, beruntusan. Arrggghhh.
Nah suatu saat gw balik dari kampus, pas gw mau turun bis, gw bilang dong sama keneknya. 'Bang, pintu 2 ya'
Kenek: " ya neng.... (silence.... Lalu pas gw ngelangkah mau keluar bis dia tetiba ngomong) JERAWATNYA IKUT TURUN NENG???"

SUMPAH
SUMPAH
SUMPAH

Saat itu gw rasanya mau nangis 😢 😢 😢 😢 😢
Gw dieeem aja di angkot (abis turun bis gw nyambung naek angkot) gw shock bok. Hahaha. Gilak yah... Ada orang jujur banget. Iya gw tau gw jerawatan, iya gw tauuuuu, tapi plis dong jangan jadi bahan candaaan. Itu entah gw yang sensi pms atau emang dulu gw sensian atau apalah gw ga ngerti yang pasti gw bengong.
Sampe rumah gw ganti baju trus loncat kedepan rumah, kerumah sahabat gw dan gw cerita kejadiannya. Dan dia NGAKAK SE NGAKAK NGAKAKNYA
KAMU JAHARAAAAAAAAAA...!!!!!
Yah begitulah,... Karena punya pengalaman ga enak soal jerawat, gw jadi tau perasaan kalian semua yang punya problem yang sama. Hiksss... I feel you. Stay strong.

Jerawat gw mulai berkurang walo masiiih tetep ada setelah gw pake obat jerawat Delacin T dan pake sabun muka Tull Jye. Tahun 2000. Itu juga atas saran temen mama. Dan alhamdulillah cocok. Dulu sih ngga tau samsek kalo Tull Jye produk untuk nginclongin muka, ngga kepikiran tuh namanya mutihin muka, muka bersih dari jerawat aja udah cukup lah. Dan selama gw pake Tulljye juga perasaan muka gw ngga jadi putih ya iyalah secara gw kan cuma pake sabun mukanya aja.
Mulai umur 22, saat muka udah mendingan, gw mulai pake olay sampe entah kapan gw lupa. Daily moisturiser spf 15 yang tutup warna hitam. Alhamdulillah cocok, muka gw jadi bersih, laluuuuu dia ganti formula. Entah kenapa gw benci banget sama produk2 yang ganti formula. Ya gw tau deh itu pasti dimaksudkan untuk lebih baik, tapi entah kenapa muka gw kalo udah cocok 1 produk dan kemudian dia ganti formula, pasti muka ngga mau nerima. Ini udah kejadian di olay, sabun muka biore, body lotion Nivea (eh ini mah badan yah) yang mana tadinya cocok banget, ganti formula, lalu jadi musuhan alias ga cocok banget, muka bukan bener malah gradakan. Hiksss.

Udah tuh yah, pas umur 22 jerawat gw udah mulai mendingan, walo tetep pasti adalah satu dua. Perawatan muka juga ga yang aneh, gw sadar muka gw sensi jadi mesti super hati-hati banget milih produk perawatan. Jadi selama bertahun-tahun muka gw cuma kena sabun muka, moisturiser olay, dan bedaknya pun dari gw SMP kelas 3 sampe awal gw nikah masih tetap sama.... BEDAK TABUR BELIA. Belia tuh produknya Martha Tilaar khusus untuk anak ABG. Gw setia banget pake sampe akhirnya dia menghilang dari peredaran. Setelah Belia hilang, gw ganti pake bedak tabur jerawatnyanya La Tulipe. Alhamdulillah cocok. Sebenernya pengen banget pake two way cake tapi pernah nyoba yang ada muka gw ngamuk. Beruntusan parah. Ga cocok 😢
Pernah juga coba olay cream malamnya, karena perasaan ngga ngaruh, jadi berhenti begitu aja.
Oya gw juga pernah pake produknya Eva Mulia, tapi lagi-lagi karena ngga ngaruh, berhenti juga.
Pernah juga ikutan pake produk gaje, ikutan temen krn naksirrrr liat mukanya kinclooooong benerrrrr. Bener2 yang namanya kinclong to the max. Nyamuk aja kepleset.
Tapi thank God gw cepet2 sadar, apa gunanya muka kinclong kalo ga sehat dan bikin penyakit. Jadi ngga sampe abis itu produk, gw berenti. Duuuh tobat deh pake produk2 kaya gitu lagi.

Trus tahun 2014 gw mulai kenalan Sama Theraskin, cocok2 aja sih secara dia juga mild kan. Cuma gw ngga suka sama suncarenya. Jadi gw tetep pake sunblock parasol aja. Oh iyaaa... Untuk sunblock gw setia pake parasol krn cocok. Ga bikin gerah, makin berminyak atau jerawatan. Segitu aja gw udah bahagia. Gw pake entah udah berapa lama, lupa. Tapi sejak Juli 2016 gw pindah ke Skin Aqua UV moisture milk spf 50+ pa+++. Pindah karena spf nya lebih tinggi dari parasol. Daaaan alhamdulillah cocooook banget. Sejauh ini, ini sunblock yang gw suka. Fav lah. Semogaaa dia gak ganti formula yaaah.

Kembali lagi ke krim2an. Setelah cocok pake theraskin, sampe sekarang gw belom ganti-ganti lagi. Masih tetep pake. Cuma serum aja yang masih ganti. Kemaren itu gw nyoba pake serum wardah yang kemasan kaca ungu, alhamdulillah cocok. Trus pas dia habis, gw ganti nyoba serum gold nya NuSkin Bright (tenang, dia terdaftar di bpom kok). Gw baru nyoba 1 minggu, sejauh ini muka gw ngga ngamuk, ya berarti dia cocok deh.

Dan selain pake krim2 juga serum, sekarang gw lagi suka maskeran. Merk masker yang udah gw coba: garnier, mustika ratu (pastinyaaaa), ovale, nu face, ovale bedak dingin, aubeau, udah deh kayaknya itu aja. Gw ga pernah nyoba masker2 yang beli online. Yang tersedia di rak pas gw lagi belanja bulanan aja yang gw pilih.
Alhamdulillah juga, masker2 itu cocok2 aja dimuka. Yang gw rasa, makin gw berumur muka gw udah ga terlalu manjaaaaa kaya dulu yang dikit2 cranky, kebanyakan makanan berlemak, ngamuk, kena debu kebanyakan, ngambek, apalagi sampe salah produk, dia dramaaa. Sekarang dia lebih santai, kalo ga cocok paling gatel2, atau geradakan dikit yang mana gak lama dia sembuh sendiri.
Hhhmmm... Ini artinya muka gw mulai mengering apa gimana ya. Itu makanya walo muka berminyak gw tetep pake pelembab.

That's it. Segitu deh cerita tentang kulit muka sayah. Buat kalian yang masih bertempur dengan jerawat, tetap semangaaaat. Jangan tergiur pake produk gaje, jangan di facial (muka jadi bolong) , jangan dipencet, cari produk yang mild aja. Banyak doaaaa. Percaya deh nanti mereka hilang sendiri kok. Ganbatte!!!

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...