Wednesday, March 25, 2009

Kaka Demam

Tadi malam dini hari jam 2, kaka batuk2. Cah ayu ini emang lagi batuk.
Eeeh, gak lama koq gw liat dia menggigil banget gt. Wah ga pernah2nya kaka menggigil lho... Jelas aja 'rada' bingung. *Tapi berbekal pengalaman waktu gw typhus kmrn, kalo tiba2 menggigil pasti gak lama kmdn langsung panas. Gw ya ga panik2 amat* Gw observasi ajah.

Gw : 'kaka kedinginan?'
kaka: Menggeleng
gw : 'ini kaka menggigil, ini namanya kedinginan ka. AC nya dimatiin aja ya ka...'
kaka: mengangguk sambil terus meringkuk.
FYI, anak gw ini gak tau apa yg namanya kedinginan. Doi gak pernah mau AC mati kalow dia lagi bobo. AC dipasang suhu 24 udah bilang panas *belagu bener,hehe*
tahan banget dingin.

Oya, terus gw matiin AC, ganti pasang exhaust aja. Truz nyalain lampu kamar, lalu bangunin hubby.
Pas gw kasi tau keadaan kaka, hubby jg kaget. Ya krn kaka sblmnya never been like that.
Hubby langsung elus2 kaka dan gendong kaka keluar kamar, keruang tv yang suhunya gak sedingin di kamar.
Then duduk di sofa sambil terus peluk kaka while Gw bikin teh anget buat kaka.

Pas gw bikin teh, eeh kaka udah ngobrol2 sambil ketawa tiwi bareng hubby. Uh, dasar anakku ini ya, lagi sakit masih sempeeeet aja ngobrol, hehehe.

Abis minum teh sedikit, kaka bobo an sendiri di karpet. Gak mo ditemenin disampingnya, so kita temenin aja dg jarak 1-2 meter dari dia, sambil hubby maen game Rally di PC, gw browsing^2, eeeh pas udah 10menit kemudian gw tengok ternyata kaka udah bobo.
Gw pegang keningnya, wah bener aja ternyata demam. Langsung gw ambil termometer digital, .....
Panasnya 39,5 Derajat C. Tinggi ya?
Dirumah juga kebetulan stok parasetamol syrup lagi abis. Jadi gw kompres aer anget cenderung panas ajah.

Kaka sempet gelisah2 gt deh bobo nya. Ya iyalaaaah.
Sampe jam 5pagi gw stay awake jagain kaka. Kompres sambil elus2. Hubby, gw suruh tidur aja coz kan paginya mesti ngantor.

Alhamdulillah jam 5 kaka bobonya udah stabil dan suhu badannya udah lumayan turun.
Jadi gw bisa ikutan tidur deh.

Sekarang jam 10:30am, kaka lagi bobo. Tadi bangun jam 7:15am dan bobo lagi jam 9:30am.
Alhamdulillah badannya udah ngga anget lagi. Cuma masih batuknya ajah. Tadi juga udah main2 sepeda di dalem rumah walaupun sebentar.

Mudah2an cepat sembuh dan lekas pulih ya nak...
We love you.... Mwuach.

Oya pesan buat ibu2 nih, jangan terlalu gegabah bawa anak ke dokter yah, walau demam tinggi sebaiknya di observasi aja dulu, Kalow diatas 38,5 Derajat C : Beri parasetamol lalu Kompres air hangat cenderung ke panas, kasi minum banyak *air putih highly recommended*, dan dipeluk atau elus atau apalah yang penting skin to skin contact sambil didoain. Insya Allah akan membaik atau setidaknya mendingan.
Tapi kalaw gak lebih baik juga dalam 2hr ya... Serahkan pada ahlinya aja kali ya... Walaupun kalow gw pribadi, baru gw bawa ke dokter kalow panasnya tinggi 39 derajat dan LEBIH dari TIGA HARI.
(Sedangkan kalow demam dibawah 38 derajat, JANGAN diberikan treatment apapun. Biarkan suhu badan bekerja sesuai fungsinya secara alami untuk Mematikan virus-virus)
Gw gak mo anak gw terlalu banyak dan terlalu dini konsumsi obat2an yang pada dasarnya itu RACUN.

Buat yang gak berkenan, silahkan.
I believe and do what the expert says, and you do yours.
Hanya sekedar sharing info ajah...

No comments:

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...