Saturday, September 10, 2011

Asli trauma dengan baby blues. Kali ini sebisa mungkin menjauh dari faktor pencetus, apapun yang bisa bikin aku stress/ganjal di hati. Hidup semua di bikin as simple as taking breath.

Kemarin itu sempet 3hr kena baby blues. Tapi langsung aku cari solusinya dan kerjasama hati dg otak.

Kenzie pulang dari RS dg nilai bilirubin 9,5. Masih ambang normal tapi udah mesti waspada, jadi pesan dokter ya mesti banyak-banyak minum dan dijemur aja kalow pagi.
Soal jemur, oke deh.
Soal Asi? Alhamdulillah berlimpah.
TAPI.... Nipple gw cracked. Pecah. Sampe berdarah. Yang ada tiap mo nyusuin Kenzie gw udah yang panas dingin duluan. Mana nipple yang kiri flat pula, hadeuh. Asli perjuangan banget.
Tapi gw ngga give up. Anak gw mesti ASI ekslusive.
Tapi tapi tapiiiiii,... Nipple gw sakiiiiiiiiiiiiiiit.
Jahitan di vagina masih nyeri, kontraksi pengecil rahim masih berlangsung, nipple pecah dan berdarah, masya Allah.
Dengan keadaan itu, Kenzie minumnya juga blom begitu banyak yang memperparah PD gw membengkak.
Dia masih banyak bobo bobo dan bobo all day long, bikin aku panik. Dan aku perhatiin Kenzie makin kuning. Yang ada gw nangiiisssss terus. Ngebayangin Kenzie mesti opname disinar.
Kondisi itu diperparah dg bathin aku yang kacau, kenapa? Gw pulang dari RS kan 4hr sebelum lebaran, pas H-2 pembokat udah ngga masuk yang ada kerjaan dipegang mama semua, termasuk mencuci pakaian baby kenzie krn ngga boleh pk mesin cuci. Tau sendiri dong pakaian bayi itu boros banget apalagi yang ngga pk pospak spt Kenzie, cucian seember.
Jadi mama yang nyuciiiiiii, mama juga masak, beberes rumah, mandiin baby Kenzie ( krn blom puput pusar ) dan puncaknya adalah saat mama masak semua hidangan lebaran seorang diri, tanpa gw bantuin.
Gw bukan ngga mo bantuin, tapi kondisi fisik gw masih lemah banget. Jalan aja masih belom bener.
Yang ada gw nangisssss ke mama
' Mah,... Maafin Idha ya mah,.... Idha ngga bisa bantuin'
' Ya Allah, Thirdaaaaa.... Kamu jangan punya pikiran ky gituuuuuuu, ngga apa-apa. Mama juga ngerti, kamu kan baru aja melahirkan....'

Asli saat itu keadaan kacau balau dan gw stress. Tapi buru-buru aku inget, NO... Cukup sekali aku alami postpartum depression. Jadi aku urai masalah pencetusnya satu-satu dan cari jalan keluar yang membuat aku tenang

- Baby Kenzie kuning : tgl 30 Agustus akhirnya aku bawa ke Hermina, check darah. Make sure kadar bilirubinnya yang alhamdulillah jadi 9,2. Ok,... Ini ternyata membuat aku legaaaaaaaaaaa banget. Aku bisa senyum dan ketawa lagi.

- Cracked and flat nipple : aku ngga mau paksain diri menyusui PD aku yang kiri, daripada tiap mo nyusuin aku stress. Lagipula pengalaman dg Kaka, dia aku susui hanya dg 1 PD dan lulus asi ekslusif 6bln bahkan aku susui sampe 2th. BB nya selama asi ekslusif bahkan diatas rata-rata. Jadi walo menyusui hanya dengan 1 PD aku percaya anakku ngga kekurangan ASI.
Jadi aku ikhlaskan PD kiri aku membengkak, ngga aku kompres, ngga aku pompa, untuk menghentikan produksi, sampe aku sempat demam 2hari.
Dan sekarang, setelah 2 minggu baby kenzie lahir,... Aku menyusui dengan senaaaaaaaang hati. Ngga ada lagi rasa nyeri, rasa bengkak, dan asi ku lancar car car. Alhamdulillah ya Allah.

- Ngga tega liat mama kerja sendiri :
Ini betul-betul aku bertengkar dg bathinku. Sekuat tenaga aku teriak ' Loe harus tegaaaaaaa.....!' ke diriku sendiri. Daripada aku ikut bantu mama, yang ada mama marah, Andri marah, jahitan kocar-kacir, badan lemes drop, dsb. Lebih baik aku total istirahat. Recovery orang bersalin kan emang WAJIB.
So, berdamailah gw dg diri sendiri. Walaupun berat, mencoba ikhlas ngeliat mama sibuk sendiri dirumah.

Hasilnya... Alhamdulillah hatiku saat ini senang. Walopun ternyataaaaaaa, kalo ditinggal Andri kerja, aku jadi kangennn terus sama dia.
Jadi waktu Baby Kenzie lahir kan Andri langsung ambil cuti penting dan disambung dg cuti bersama saat Lebaran. Total 2 minggu, nah pas tgl 5 Andri udah mulai aktif,... Asli sediiiiiiih banget dirumah ngga ada dia. Rasanya bener-bener kehilangan, sampe aku sempet netesin air mata. Lebay ngga sih? Tapi gpp dong dong dong? Dia kan suamiku sendiri, kalo gw kangen sm lelaki lain baru deh tuh bahaya, xixixi.

Memang ya, kunci dari semua ini adalah kekuatan pikiran. Aku bener-bener berusaha membawa semuanya dg perasaan senang aja sekarang. Aku trauma dg Postpartum Depression, cukup sekali aku alami itu. Bener-bener titik terendah.

No comments:

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...