Friday, June 28, 2013

Diare Pertama Ken

Entah kenapa kalo punya rencana matang mau liburan dari jauh-jauh hari, mendekati hari H kadang ada aja halangannya. Sempet sih trauma punya planning scr waktu tahun 2007 kita udah pesen airplane tiket pp, udah bikin itin ke Padang-Bukittinggi, end up kita malah liburan di RS karena kaka diopname diare #cry.

Kemaren (hampir) kejadian lagi. Jadi mulai selasa pas bangun tidur tiba-tiba anak lanangku muntah.
Ceritanya:
Jam 7 selepas Andri brkt tiba-tiba ken teriak dari dalam kamar 'Mimmmiiii.... Mimmmiiiii'.
Gw bathin tumben amat ni anak jam segini udah bangun. Biasanya kan bangun jam 8.
Trus kok manggilnya dari dalam kamar, biasanya dia manggil gw itu posisinya udah diujung tangga atas.
Trus sebelum gw samperin dia di kamar kan gw cuci kaki dulu di kamar mandi atas, trus dia manggil gw lagi, lha kok suaranya lain kaya ada semburat nangisnya.
Buru-burulah gw samperin.
Begitu gw buka pintu, Gw liat mukanya dulu kan. Ken lagi di psosisi berdiri sambil dia meringis nunjuk ke arah lantai.
Astaghfirullah,.... Ken muntah. Lumayan banyak pula. Asi yang dia minum jam 6 keluar semua tampaknya, pikiran gw langsung ngasih signal ada yang ga beres.
Gw flashback ke beberapa hari sebelumnya.
Memang padat, kamis kita keliling Tangerang dari jam 10pagi sampe jam 6 sore. Sabtu kita jalan ke Hermina check up gigi ken dan ke pasar lama. Minggu kita jalan ke Cikarang lalu ke Mall Daan Mogot dan sentra ikan hias cengkareng, pergi jam 9pagi pulang jam 6 sore. Pastinya Ken capek yaaa, jadi mungkin masuk angin.
Dan bener aja sehari itu ken pup cair 7X. Astaghfirullah. Ini diare pertama ken :(
Sempet terpikir untuk ngasih obat atau bawa ke dokter, tapi kalo inget proses minum obatnya, kutaktegaaaaa.... Percayalah, gw selalu perang bathin kalo suapin obat ke anak-anak gw. Langsung mikirin ginjalnya :(
Gw bertahan dirumah aja. Gw banyakin ken nenen, minum teh manis, kasih oralit, kasih L-Bio.
Gw nya aja yang minum seduhan temulawak dan gula merah asli. Kan ken masih asi, jadi yang gw minum bisa transfer lewat asi. Gw bikin 1 mug. Gw pun kasih ken sedikit-sedikit scr langsung.
Anaknya sendiri masih ceria aktif tidak ada tanda lemas atau mata cekung kekurangan cairan. Makannya juga alhamdulillah masih mau banget.
Menjelang sore mulai sumeng. Teteeep ga gw kasih obat scr masih dibawah 38 derajat. Cuma minum banyak cairan aja, untungnya dia suka oralit. Minumnya langsung dari gelas glek-glek aja. Oya ken emang kalo minum dari gelas ga pake sippy cup, sedotan apalagi dot. Langsung glek.
Esok harinya, Rabu keadaan ken belum membaik, masih pup cair 6X.
Hari ini selain gw konsum seduhan temulawak, gw bikin ramuan kunyit+madu+air kapur sirih. Ken gw kasih 1sdt 3X sehari.
hari ini ken udah ngga sumeng walo masih diare.
Gw udah ngomong ke Andri kalo minggu ken belum normal ya ke bandungnya di tunda.
Esok harinya, kamis alhamdulillah pup berkurang jadi 5X. Jumat 2X dan akhirnya hari sabtu hanya 1X.
Alhamdulillaaaaaah. Tanpa obat kimia hanya minum kunyit, temulawak, madu, anakku kembali sehat, yeay! Ga ada perasaan bersalah karena kasih obat.
Gw udah sempet mikir jelek scr anaknya beberapa temennya andri pada diare dan opname di RS. Ada 3 orang cobak. Sepertinya emang lagi musim diare ya kemaren itu.
Oh ya disaat ken udah mendingan, kaka malah tanda-tanda kurang sehat. ngeluh sakit perut dan pupnya agak mencri. gw rasa ketularan. Langsung gw gempur pake kunyit madu. Alhamdulillah sabtu sudah sehat seperti sediakala.

Apakah sudah selesai?
Oooh tentu tidaaaak karena hari kamis malam badan gw mendadak sumeng panas dingin dan sampe sabtu siangpun tubuh gw blom normal. Gw minum decolg*n 1X sehari cuma kalo mo tidur malam aja. Gw cuma minum 2X dan  alhamdulillah hari minggunya pas jalan itu gw malah SEHAT.
Alhamdulillah ya Allah, terimakasih sudah memberikan aku dan keluargaku kesehatan yang sempurna saat kami  ke Bandung kemarin.

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...