Thursday, April 9, 2009

Rencana 'Sekolah' kaka

Bingung,... Bingung,... Bingung,... (jgn suruh gw pegangan ya, basi bgt).

Cari sekolah TK untuk kaka ternyata sangat membingungkan.

Ya ... Ya, disekitar sini sebetulnya banyak pilihan.
Di dalam kawasan perumahan gw ini aja ada... satu, dua, tiga, empat,... Mmm tujuh tepatnya. Banyak kan? Belum lagi yang di kawasan luar sekitar komplek. Makin bengkak lagi jumlahnya. Pokoknya banyaaak pilihan.

Tapi, gak ada satu pun yang sreg di gw. Selalu, selalu, dan selaluuuuu aja kekurangannya itu : gak punya lahan bermain. Walaupun ada juga gak lebih dari 50m luasnya. Gak memadai banget untuk anak2 usia TK yang masih full of energy. Butuh penyaluran. Mereka kan usianya masih di fase bermain. Jelas bermain itu kebutuhan primer mereka. Tapi (kebanyakan)sekolah2 gak mengakomodir kebutuhan itu, bingung gw!

Satu2nya sekolah dg perfect environtment; luas, nyaman,bersih,adem,sehat. Adanya di dalam komplek perumahan nyokap gw, namanya TK/SD KARTINI. Disana tanahnya luaaaaaaas banget, Mainannya boanyak pilihan. Dan, ini dia yang gw cinta... Pohon rimbunnya, mak.... Waahh bejibun! Sampe seakan2 tuh sekolah ada di balik hutan, hahaha. Gw suka, gw suka, gw suka. Jadi hidung anak2 jauh dari polusi secara letaknya di dalam komplek perumahan, dibelakang kawasan sekolah juga sawah luas; gak kekurangan udara bersih karena pohon rimbun dimana-mana, energy bisa tersalurkan dg bermain di taman yang luaaas. Perfect.
Yang bisa nyaingin lingkungan sekolah ini (sejauh yang gw tau, CMIIW) cuma Sekolah Pelita Harapan. Padahal uang masuk dan SPP nya gak mahal lho (gak seimbang, too good to be true dg fasilitas yang disediakan, maklum TK.Kartini kan punyanya PT.AP II juga)

Satu2nya 'kekurangan' adalah lokasinya yang 15-20menit by car dari rumah gw. Untungnya, komplek AP II itu selalu dilewati hubby kalo otw dari dan ke kantor. Alias 1 jalur.

Jadi jadwalnya (kalo kaka jadi di TK.Kartini), begini :
- 6:30pagi kita bertiga ciao dari rumah.
Hubby nge drop gw dan kaka, dirumah mama.
- 8-10pagi kaka sekolah.
- 10pagi s/d 6sore dirumah mama. Hubby pulang kantor mampir dulu ambil gw dan kaka, lalu kita bertiga baru deh pulang sama2 kerumah.

Tadinya gw keberatan banget dg jadwal begini (yup, ini ide hubby. Dari awal2nya hubby memang pengen kaka sekolah di TK.Kartini) karena itu artinya rumah kita cuma jd rumah singgah waktu malem alias buat numpang tidur doang. Sayang,kan? Kita huni full kalo weekend doang.

Tapi setelah gw pikir2 lagi... Untuk perkembangan kaka memang lebih baik di lingkungan komplek rumah nyokap deh.
Alasannya:
disana itu...
1. Sekolahnya perfect, dalam arti sesuai dg syarat2 yang gw inginkan.
2. Kaka punya banyaak teman perempuan disekitar rumah eyangnya itu
3. Lingkungannya bagus: luas, nyaman, bersih,jauh dari polusi
4. Ada tempat ngaji yang oke banget

Gak tau ya... Gw ini concern bgt dgn tumbuh kembang anak dg cara yang natural. Dekat dengan alam, maksud gw.
Gw pengen kaka melewati masa kanak2nya dg wajar. Banyak main, sosialisasi, berteman bukan hanya dengan manusia tapi juga dg alam dan hewan; lari kesana kemari, jungkir balik di rumput, manjat2 pohon, ah pokoknya gw pengen energy nya kaka tersalurkan dengan baik.

Dan menurut gw, lingkungan komplek nyokap itu bisa mengakomodirnya.

Dilingkungan rumah gw, jauh dari ideal buat kaka.
Disini kaka gak punya temen. Banyaknya anak laki2. Udah pada gede pula. Jadi kaka lebih banyak main dirumah. Sedangkan dirumah itu gak ada taman, ga ada ruang gerak yang cukup. Alhasil, paling juga maenan game di PC, maenan buku, boneka, ya gitu2 deh. Ga ada sentuhan dg alamnya sama sekali.
Gw gak mau kaka melewati masa emasnya dg cara seperti itu. Kaku. Terkungkung. Gak kenal alam. Masa nih ya ada seorang wali murid di playgroup kaka bilang begini (dengan berapi2)," disana (disalah 1 sekolah di komplek sebelah komplek gw) mahal tapi bagus, jadi anak murid suka diajak belajar di luar sekolah. Diajak keliling komplek, dikenalin sama pohon2, rumah semut ...". Waktu gw denger, gw yang "HAH??!? Smp segitunyakah?!? Heboh bgt gt, sampe dimasukkan ke kurikulum?" maksud gw, ya bagus sih. Tapi, ya ampun, kalo alam sih, kaka bisa dapet banyaaaak bgt di TK.Kartini dan di komplek AP II, dengan GRATIS... TIS... TIS.

Makanya kalo kaka lagi maen dirumah nyokap or mertua, gw lepas aja. Maen dari pagi sampe sore bgt (dipotong tidur siang sih). Lari2an kesana sini, tidur2an di rumput, puas2in lah. Kalo dirumah,mana mungkin? Mana ada rumput di rumah2 disini?Hahaha...

Ya, insya Allah keputusan gw dan hubby; menyekolahkan kaka di TK.Kartini,dan sampe sore dirumah eyang atau neneknya sebelum dijemput hubby.

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...