Friday, August 19, 2011

Chicken Cheese Nugget

Sebetulnya kaka ngga begitu nge-fans dg nugget, gw memang ga membiasakan karena ngeri sama ingredients-nya. Apalagi papaku yang super anti banget sama makanan instant kemasan, kalo ngeliat kaka sampe gw suapin nugget pasti ngomel.

Nah, minggu kemarin itu entah mungkin karena udah berbulan-bulan ( sekitar 5 bulan ) ngga makan nugget, tiba-tiba kaka minta maem pake nugget. So, gw beliin lah nugget di temen gw yang bikin dan jual nugget homemade tanpa pengawet.
Harganya 18ribu isi 12pcs potongan kecil.
Itu kaka cuma 2 kali maem, soalnya emang kecil banget.

Gw pikir, kenapa juga gw ngga buat sendiri sih. Lah di internet resep nugget juga membludak toh? Jadi yowes, gw bikin aja.
Dari berbagai macam resep akhirnya gw kompilasi aja, tadinya mau pure pake resepnya mommies daily tapi diliat lagi kok dia ngga pake tepung sagu ya... Apa ngga buyar. Trus pake resepnya bu sisca, kok dia ngga pake roti ya, kan jadi kurang kenyal, trus gak pake keju pula.
Ya, akhirnya 2 resep tadi gw modif aja.

Jadi deh tadi pagi gw nguplek di dapur sebentar, bismillah semoga jadi dan terutama si kaka doyan.
Persiapan dan ngeracik ngga sampe 30 menit. Ngukus supaya mateng tanek gw set 40 menit. Trus angkat dan di dinginkan. Yang ribet justru pas motong-motong dan memanir karena satu-satu. But it's worthed. Anakku doyan bangettt. Alhamdulillah,... Senangnya hatiku :)

Buat yang pengen nyoba berikut resepnya, monggo dipraktekan. Lumayan banget lho mengingat semua bahannya kan kita tau semua, ngga pake zat pengawet atau MSG. Aman buat dikonsumsi siapa aja.

CHICKEN CHEESE NUGGET
Sumber : Mommies Daily, Acara 'Aroma' Ibu Sisca Soewitomo, and modified by Thirdaprilia.

* 500 gram daging ayam giling
* 50 gram tepung sagu
* 1 lembar roti tawar tanpa kulitnya rendam dalam 100cc susu cair
* 100 gram keju cheddar parut
* 2 butir telur

Bumbu :
* 4 siung bawang putih, goreng utuh
* 1/2 sdt merica bubuk
* Garam gula secukupnya

Bahan Panir :
* 3 butir putih telur, kocok lepas
* 1 pak Tepung panir kasar / panko / breadcrumb ( aku biasa pake merk Mamasuka )

Cara Membuat:
- Campur semua bahan dan bumbu dalam wadah, aduk rata. Jangan lupa cicipi rasa asin dan gurihnya.
- Masukkan dalam loyang loaf yang telah diolesi margarin , ratakan.
- Panaskan dandang, lalu kukus adonan nugget selama kurang lebih 30-40 menit. Jangan lupa tutup dandang dilapisi dengan kain agar uap air tidak jatuh kedalam adonan.
- Angkat adonan dari dandang, diamkan sampai tidak panas lagi / dingin suhu ruang.
- Potong-potong sesuai selera.
- Masukkan dalam kocokan putih telur, lalu balur ke tepung breadcrumb.
- Simpan dalam freezer.
- Kalau mau disajikan digoreng dengan minyak panas dan api kecil biar ngga gosong.

No comments:

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...