Sunday, November 23, 2014

Sayangku

Aku punya papa yang hebat.
Papa yang akhir akhir ini sering aku peluukkkk dan ciuuuuuum. Iya, aku lagi seneng banget cium dan peluk papa. Elus2 punggung papa. Cium pipinya. Nanti papa akan cium pipi aku dalaaaaam sekali. SubhanAllah. Nikmat Allah.

Tahun kemaren aku pernah sampe sesegukan nangis peluk papa eraaaaaat dan lamaaaaaaa banget sambil bilang "papaaa,.... Idha sayaaaaaang papa. Idha sayang papa".

Ya Allah... tahun lalu papa divonis diabetes.
Gula darah papa sampe 600 :'(((((((((
Papa lemas, kurusssss sekali, kuyu, ya Allaaaaahhhhh :'((((((
Itu rasanya pertama kalinya aku sediiiiiiihhhh sekali dg keadaan Papa.

TAPI.... Allah sayang aku. Sayang mama sayang adhe, sayang Kaka, sayang Kenzie.... yang masiiiih sekali ingin papa ada diantara kita.

Papa berjuang.
Berobat. Dan menjalani semua do's and don't penderita diabetes.
Dan alhamdulillah.... sampai saat ini papa masih bersama kita dalam keadaan inshaAllah sehat.

Papa itu dari jaman kecilnya... cinta sekali olahraga. Papa olahraga lari dari jaman tahun 70an.
Aku masih ingetttt banget sekitar umur 3 tahun (iya betul! Gw bisa mengingat kejadian saat gw umur 3tahun) gw diajak papa mama jogging sore-sore. Inget juga pas umur sekitar 7-8 th diajak papa lari sore juga jauuuuuuh sekali. Dulu rumah kita di Pondok Gede dan diajak lari ke ujung aspal.

Dan sampai sekarang ini.... papa setiap hari dari jam 7 sampai jam 9 bersepeda dan jalan cepat. Ngakunya sih jalan cepat yah... tp mana tauuuuuu si papa disana lari #sigh.
Padahal aku sama mama udah bilang "papaaaaa... olahraga tuh seminggu 2-3kali aja udah cukup. Jangan tiap hari. Over dosis"
Tapi gitu deh... yg namanya hobi kali yahhh... ga didenger. Tar kalo udah kecapean... baru deh sakit flu gitu... baru deh olahraganya istirahat. Itupun paliiiiiing lama seminggu. Trus katanya... "rasanya seabad ngga olabraga nih saya".
Lebaaaayyyyy amat si papa #huh.

Nah ternyata salah satu keberhasilan papa menaklukan diabetesnya yaitu dengan banyak berolahraga. Selain juga dengan mengurangi makanan manis, tidak makan nasi putih tapi diganti dg beras merah (soal ini sih udah lama yaaa mama papa makan beras merah), daaannn tidak stress.
Subhanallah... papa itu luarbiasa bisa santaiiii sekali memandang kehidupan ini.
Papa itu ngga pernah takut meninggal. Ini sama juga dengan mama.
Makanya waktu papa divonis jantung dan kemudian diabetes.... papa sama sekali ngga stress.
Waktu aku nangis nangis dipelukan papa... papa tenaaaaang banget. Papa cuma bilang papa juga sayaaaang sekali sama kamu. Trus mama yg ada disitu bilang... ini papa lagi dikasih sakit sama Allah. Ya kita terima. Ikhlas. Kita hadapi. Datangnya dari Allah. Kita berdoa dan ikhtiar (berobat). Jangan stress. Ngga apa-apa.

Ya Allaaaaah.... sebegitu tenangnya papa mama.
Dan mereka bukan pura pura kuat. Tapi memang kuat. Tegar. Ikhlas.
Mereka berdua adl manusia manusia ikhlas.

Kata papa... kalo kita sakit... ikhlas. Ingat Allah. Kita ini ada yang punya. Segala sesuatu yang hidup pasti akan mati. Ngga perlu takut karena semua manusia akan mengalami.

Papa juga mencontohkan Anand Krishna (papa pernah belajar reiki di padepokannya). Anad krishna pernah divonis hidup tinggal beberapa bulan lagi... dia mencari dan mencari... dan tiba di Tibet (cmiiw) dan disana bertemu dg bikku (lagi lagi cmiiw) dan kata si Bikku "Apa yang kamu takutkan???... sambutlah kematianmu. Kamu akan kembali. Kamu akan bertemu dengan Tuhan Mu".

Luar biasa banget yaaah... keihlasan yang sesungguhnya. Sadar bahwa semuaaaaa itu adl titipan. Bahkan nyawa kita sendiri ini hanyalah titipan.
Ada satu ibu pernah begini nih... dewi yull... aku masih inget... waktu anaknya, Gisca meninggal... dia sangaaaattt tegarrrr. Nangis sih... keliatan matanya sembab. Tapi dia ngga yang histeris atau apapun. Saat dipusara juga keliatan tegarrrr banget. Beda banget sama papanya Gisca. Pas diwawancara... dewi yull bilang yang intinya... ya saya sedih pasti sedih tp Gisca kan hanya titipan Allah. Gisca milik Allah. Saya hanya dititipi. Sekarang yang memiliki ingin mengambil, saya harus ikhlas. Saya dititipi anak sampai usia disini. Bersyukur... banyak disana ibu2 yg dititipi lebih sebentar bahkan tidak dititipi anak sama sekali.

Ini gila... gilaaaaaaaa... oh God.... aku bisaaaa ngga yaaaa seikhlas beliau.
Asli pas denger beliau ngomong gitu... aku bengong. Antara salut, kagum, kaget, iri pengen kaya gitu. Karena... kehilangan anak adl ultimate nya kesedihan seorang ibu kali yah.

Lho kok... jadi ngelantur kemana mana... hihi.
Balik lagi ke papa.

Jadi papa itu... alhamdulillah walau ada jantung, diabetes, darah kental,... inshaAllah semua bisa dikendalikan sehingga papa selalu sehat, aamiin aamiin ya Allaaaah.

Selain sifat sifat diatas... papa juga punya banyak sifat terpuji lainnya.
Yaitu... sedekah tanpa nama (waduh... ini gw bukan riya yaaaah... berbagia aja maksudnya). Jadi waktu itu papa pesen beras ditukang beras... suruh si tukang kirim beras ke tetangga yang kurang mampu. Dg syarat... jangan bilang ke mereka kalo papa yang ngasih.
Papa juga suka kirim2 ke rekening dompet peduli. Papa mama suka banget nonton acara Dedy Corbuzier Hitam Putih. Nah kalo pas ada yang butuh bantuan dan ada norek, pasti papa kirim transfer.

Lalu.... papa seneng bikin orang seneng. Sampe kadang bikin senengnya tuh keterlaluan. AKu suka ketawa sendiri... pernah nih... aku cerita ttg orang pembual atau orang egois maunya kalo cerita dia doang,dlk ... pokoknya aku bilang sebeeeeel banget. Eh kata papa " kamu harusnya ya dengerin aja. Bikin dia senang hati. Bikin senang orang kan bagus". Wkwkwkwkwkwk yang ada gw iya in sambil dongkol. Hahaha.

Terus... nah ini.... ini yang susaaaaaah banget diterapin orang kayaknya. Papa ngga pernah ngegossip. NO . NEVER.
Misal ada yang mancing... 1 org ngomongin oranglain ke papa, papa ga akan terpancing. Tidak menanggapi sama sekali. Cuma senyum aja. Oh GOD.
Mending yah... itu ada manusia yang ngajak gossip. Nah... mamaku aja kalo kepergok nonton infotainment atau sinetron.. langsung dimarahin papa. Kata papa "itu acara ngga ada manfaatnya. Buat apa ditonton. Buang buang energy".
Mama papa emang ngga suka ngegossip. Nenangga lah.. apalah. Mereka kalau dikomunitas... cenderung pendiam. Lha ini anaknya nuruuuun banget. Aku juga disini ngga pernah nenangga. Apalagi nungguin anak disekolah. Salah satu kegiatan yang aku ngga suka banget. Asli. Entah kenapa kepala n mata aku suka pusing kalo ngobrol lama ga jelas sama orang. Kecuali sama sahabat yah.

Lanjut.. salah satu lagi sifat tauladan papa yaitu... selalu berfikir positif. Terhadap apapun dan siapapun.
Lalu.... sifat tidak peduli tentang pemikiran orang terhadap diri kita.
Lalu lalu lalu... lho kok panjaaaaang yah daftarnya. Hihi.

Tapi aku ngga nutup mata kok. Selain papa punya seabrek kebaikan. Papa juga punya kekurangan. Pastinya... karena papa kan manusia hehe.
Papa itu manusia yang terlalu cuek dg penampilan. Ya ampuuuuunnnnnnnn asli deh. Tau ga... papa tuh pernah yah... ke Subur (toserba di Tangerang) nyeker!!!. Itu pas lagi pergi sama aku pula. Jadi nih malem2 papa mau nyari buah ke subur trus aku sama kaka ikut. Nah trus... pas sampe parkiran sana... mau turun... papa celingukan ke bawah kursi.. "sendal saya mana yah...?... sambil nyari2 trus tau2 ketawa... "ketinggalan digarasi rumah".
Jadi pas papa naik mobil... sendalnya scr ga sadar dilepas. Whoahahhahahahaha... dikira mesjid kaliiii hahahaha.
Udah tuh ya... fixed ketinggalan. Lha trus pakee apa dong?. Kata papa ya nyeker aja.
Trus gw tanya... tar diliat orang2 gimana?.
Jawaban papa "ya biar aja... gpp". Astaga papaaaaaaa..... huahahahaha. Itulah papa. Cuek. Ga mau tau apa kata orang ttg dirinya.
Jadilah aku selama di subur purapura ga kenal papa.... hahha ya ngga laaahhhhh.

Trus ... papa ni cerewet soal makanan.
Duluuuuu jaman aku kecil mana boleh minum susu kotak atau teh kemasan. Pasti dibilang jangan, pake pengawet, dsb.
Aduh papa emang concern banget deh kalo soal makanan. Aku pernah deh tulis soal ini diblog ini. Nanti aku kasih link nya.

Sementara ini dulu deh tulisan aku tentang papaki yang tersayaaaaaaaaaaaaang.
Yang pasti... aku bersyukur dan berterimakasih sama Allah karena udah kirimin aku satu malaikat yang menemani aku dari lahir sampai sekarang dan besok besok. Satu malaikat itu adl papa.

posted from Bloggeroid

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...