Thursday, April 16, 2015

Allodya Kitchen going 4 weeks

Besok hari jumat 17 April'15 tepat 4minggu eykeh jualan brownies kukus.
So far sampe hari ini udah terjual kurang lebih 80 box. Alhamdulillah.
Jumlah buat gw (yang amatiran gini) lumayan banget.
Dari seluruh testimoni... alhamdulillah 99,99% positif. Cuma ada 2 costumer yang bilang agak terlalu manis. Selebihnya bilang pas (Silakan liat di instagram aja ya pake hashtag #Allodyakitchen. Disana gw upload semua testi)
Memang setelah ada testi kemanisan, gw kurangi jumlah gulanya.
Diresep asli ditulis 225gr. Udah gw reduce sampe 200gr tapi masih dibilang agak terlalu manis, jadi akhirnya gw tetapkan 180gr sajah. Dan alhamdulillah semua puas.

Oya soal resep... gw pake resep brownies kukus basic tapi memang gw sesuaikan dengan selera gw. Yaitu gw tambahin jumlah susunya. Brownies gw nih pake susu bubuk dan susu kental manis. Trus untuk buttercreamnya kan gw buat sendiri , nah itu juga gw pake susu bubuk dan susu kental manis. Jadi emang rasanya susu banget.

Untuk gula pasir, terigu, coklat bubuk, pasta coklat, alhamdulillah juga pake bahan pilihan. Contohnya terigu, gw pake segitiga premium.
Garam, gw pake refina. Minyak goreng gw pake tropical. Yaaa gitu-gitu deh. Karena ya emang seperti itulah brownies kukus yang gw bikin untuk konsumsi sendiri selama ini (waktu blum jualan) jadi gw ngga mau mentang-mentang buat jualan lalu bahan-bahannya gw ganti dengan yg lebih murah, BIG NO NO.
Karena bahan yang kurang bagus pastilah mempengaruhi rasa.

Kemaren salah satu temen Andri bilang "kok murah banget mas".
Hehe... ya begitu lah... kalo udah nyobain brownies gw dan tau harganya segitu... rata-rata bilang kok murah, apa ngga rugi? (Selain rasa browniesnya itu sendiri yang menurut mereka enak, juga untuk keju/coklat parut diatasnya itu gw tetapkan 50gr/1 loyangnya)
Alhamdulillah eykeh ngga rugi. Ada untung. Tapi memang tipis.
Tapi menurut gw dan andri itung-itung promosi.
Kita belom pernah lho ngasi tester ke orang. Jadi semuaaaaa testi yang sampe di gw, ya memang testi jujur, mereka beli, bukan gw gratisin trus ada pesan sponsornya... hihihi.
Lagipula gw berprinsip gpp ambil untung ngga banyak tapi banyak yang beli rutin daripada untung banyak tapi yang beli cuma seminggu sekali. Ya toh? Ya toh? Salah satu Prinsip dagang orang china gw tiru.

Trus... tau sendiri kan kalo bisnis makanan tuh pasti awal-awalnya ngasi gratisan/tester kemana-mana. Promosi sana sini.
Harusnya emang gitu. Tapi gw belom sempet.
Selain soal waktu, gw juga blom siap karena perlatan yang gw pake masih skala rumah tangga semua.
Modal gw jualan jujur aja ngga ada, selain bahan-bahan.
Kukusan, loyang, mixer semua emang udah ada dirumah.
Jadi misal kaya kemaren tiba-tiba ada pesenan 12 loyang... ya gw bolak balik aja tuh bikin 6x. Karena bowl mixer dan kukusan gw cuma muat buat adonan 2 loyang.
Kalo gw punya klakat kan sekali ngukus bisa 4 loyang bahkan lebih.
Memang rencananya, kalo pesanan brownies gw udah 100 loyang, gw akan beli klakat. Dan gw pengen banget punya mixer oxone OX-855. Lumayan bisa ngocok adonan 4 loyang sekaligus. Kombinasi mixer itu dan klakat nanti bisa hemat listrik hemat tenaga hemat gas.
Sebenernya mupeeeeng liat kitchen-aid atau Bosch... tapi waduuuhhhh tar duluuuu kali yaaah. Belom kuat eykeeehhhh.

Hhhmmm cerita apa lagi ya...
Oya Allodya Kitchen udah punya reseller lho... iiissshhhh belagu bener.
Ini temen gw dan ade ipar gw yang maksa lho ya bukan gw yang minta. Tar deh gw screenshot bbm nya.
Gw berkali-kali bilang gw ga buka reseller. Secara kalo ada reseller berarti gw mesti disc harga dong ke resellernya. Lhaaa gw aja ambil untung udah ngga banyak masa ini mesti gw disc lagi.... yang ada nanti gw cuma dapet capek doang kan.
Akhirnya mereka setuju ngambil di gw dengan harga asli. Dan mereka jual sesuai harga yang mereka tetapkan. Memang sih gw liat di online ada yang jual brownies kaya gw, resepnya hampir sama kok... tp tetep lebih spesial gw yah (kan gw pakein extra susu dan topping melimpah) dijual 40-45ribu rupiah. Lebih murah gw kemana-mana. Jd misal reseller gw jual 40rb ya ngga mahal dong ya. Apalagi dengan kualitas Allodya Kitchen. Ehmmmm.
So far selama seminggu ini reseller gw bisa jual 6 loyang. Alhamdulillah yaaa. Semoga bisnis kita lancar dan berkahhhh.... aamiin.

Hhhmmm... alhamdulillah gw bersyukur banget dengan semua ini.
Dengan kegiatan baru gw ini. Yang bener-bener ngga pernah gw prediksi sebelumnya. Alhamdulillah.
Alhamdulillah andri juga mendukung. Anak-anak juga kasih restu. Pun orangtua gw. Ade gw. Semua alhamdulillah mendukung dan mendoakan. Ini bener-bener priceless. Dukungan keluarga buat gw bener-bener pondasi kuat. Ngga mungkin gw maju selangkah kalo keluarga ngga kasih restu. Gw percaya banget dengan kekuatan doa suami, anak dan tentu aja orangtua. Manjurrrr semanjur-manjurnya.

Makanya gw jalani bisnis ini dengan sangat senang hati. Senang hati selain karena keluarga mendukung, juga karena gw emang cintaaaaaa sama brownies kukus.
Bukan cuma pas makannya (sekarang sih gw udah jarang makan walau gw sering bikin) tapi saat proses membuatnya pun sangat gw cintai.
Saat-saat timbang bahan-bahan, ngemixer, ngukus, dekor-dekor, masukin dalam kemasan... itu udah kaya ritual buat gw. Bikin hati gw senang. Nyaman. Entah apa namanya. Yang jelas gw sangat sangat menikmati saat itu. Makanya alhamdulillah ngga terasa lelah. Walo keringat bercucuran dan mulut ngga sempet ngomong (gw kalo lagi bekerja ngga bisa diajak ngomong) tapi ngga ada perasaan lelah atau capek. Yang ada alhamdulillah bahagiaaaa banget. Gw juga aneh.
Makanya gw merasa gw bersyukur banget... apa yang gw cintai bisa dirasakan juga hasilnya sama orang banyak. Para costumer Allodya Kitchen.
Yang jelas... alhamdulillah gw sangat mencintai pekerjaan ini.
Makanya walo gw ngga ambil untung banyak, ngga masalah. Ada hal lain yang ngga bisa terukur dengan uang. Yaitu kebahagiaan mereka yang udah makan brownies gw dan memberikan testimoni tanpa gw minta. Itu bener-bener lebih dari sekedar untung banyak.

Gw berharap siapapun yang makan brownies gw semoga Allah memberikan banyak keberkahan dalam hidupnya dan semoga mereka selalu sehat, aamiinnnnn.

Can i get an amen from you?

No comments:

Happy 44th !!!

 Maafkan muka udh kuceeeelll make up luntur, minyakan karena abis jalan seharian sm andri dan anak2. Ini baru aja sampe rumah jam 10 malam. ...