Saturday, May 30, 2015

Selai nanas. NASTAR nya mana?

Liat anggota NCC-ers pada buka PO cookies lebaran, sempet kepikiran tuh. Apalagi banyak costumer Allodya kitchen yang minta aku bikin. Mereka padahal belom pernah nyicip cookies aku tapi pede banget nyuruh aku buka PO, nah itu pertanda makanan yang di produksi Allodya Kitchen rasanya emang yahud, yipppieeee.... alhamdulillaaah.
Tapi balik lagi niat kuat untuk fokus di satu jenis aja.
Daripada rakus bar bar semua mua diambil tapi nanti ngga fokus dan kerepotan sendiri (senjata makan tuan amat), mending fokus di satu item tapi ditekunin, telatenin, didalami. Menurutku lebih baik begitu.

Jadi cookies lebaran aku bikin sendiri daaaan untuk sendiri aja.
Apalagi nastar... dooooh... tidaaaaak.
Selain ngerjainnya yang aduhaaaai, nastar mama juga lezaaaaaaat. Semua... aku ulangi, SEMUA orang yang pernah nyobain, dari anak kecil sampe manula, dari kalangan biasa sampe istri pemilik tambang emas (ehm... alias sepupu mamaku sendiri) yang tajirnya melintir dan tiap 3bln sekali keliling dunia daaaaan pastinya udah nyobain kue-kue dimana saja yang ga bisa dibilang murah yaaah... itu bilang nastar mama... uwenaaaaaaaaaaaak. Tanteku tu orangnya straight yah... suka bilang suka, enak bilang enak, ngga enak bilang ngga enak. Maklum suaminya bule, udah jd istrinya selama 40tahun jadi ya mau ngga mau ikut kebawa ga suka basa basi gitu atau rasa ga enakan deh. Jadi pendapat dia bisa banget jadi patokan.

Dan setelah aku liat-liat... resep mama hampir sama dengan resep nastar N** yang konon mirip sama nastarnya P*nd*r yg setoples harganya beberapa ratusribu itu. Tapi tetep... diliat dari komposisi, masih jleb-an punya mama. Keren banget deh pokoknya.
Sengaja ngga mau share resepnya disini. Bukan pelit, tapi mamaku kan ngga begitu aja dapet itu resep. Ada trial error sampe dapet komposisi yang pas. Gituuuuu lho. Jadi harap maklum yaaah. Hehe.

Balik lagi ke cookies.
Seperti biasa tahun-tahun sebelumnya aku emang udah bikin cookies sendiri. Tapi sebatas putri salju dan kaastengels. Nastar?... itu spesialis mama. Aku cuma ngebantu.... makan, huahahahaha. Maafkan akuuuu ya ma #bighug. Mama kalo bikin nastar itu bisa sampe 3kilo dan itu 2kilo nya bisa buat aku sendiri. Do'oh mamaaaaaaa.... jadi terharuuuuu.
Mama tau banget aku suka nastarnya. Dan aku bisa pelit setengah mati sama nastar yang udah disimpen dikamarku. Iya! Bener... saking pedit pelit meripitnya aku sama nastar, sampe aku simpen dikamar. Huahahaha.
Tapi itu dulu yaaah, jaman masih gadis. Sekarang mana tega begitu sama anak sendiri yang ternyata cinta juga sama nastar eyangnya, iya sih ngga tega lah nyimpen sendiri dikamar, tapi teteeep makannya rebutan haha.

Nah bikin nastar itu kan  kerjaannya jelimet yah. Dan selama ini aku mah tinggal hap masuk mulut, lama-lama ngga tega juga sama mama. Mama capek2 bikin eh si anak kurang ajar ini dengan santainya tinggal makan. Ga sopan amat #barusadarsekarang #telatamatneng

Oleh sebab ituuuu.... tahun ini aku bertekad bulad mau bikin nastar sendiri. Dan itu udah aku buktikan dengan semangat sekali pas bikin selai nanas nya.
Iyaaaah... puasa masih sebulan lagi, lebaran apalagi, masih jauh. Tapi aku bener-bener pengen makan nastar sebelom puasa. (Btw... emang ada gitu peraturan: nastar dimakan hanya pada saat lebaran xixixi)
Untuk itu aku bikin selai nanas dari 4buah nanas. Ngga ada bandingannya sama mama yg sekali bikin itu 17 buah nanas palembang yang besar-besar. Hebat ya mamaku. Diparut sendirian.

Dan lucunya pas selainya udah jadi, mama tanya
Mama: nanasnya diparut apa diblender, dha?

Aku: di parut, mah

Mama: emang kamu bisa marut nanas? Hebat amat

Aku: laaaaah mama meragukan idha sih??? +÷!&*"/&%/!!!??*^#thirdasewot

Mama ketawa.
Dan alhamdulillah pas aku minta mama nyobain selaiku, lolos dari uji lidah mama. Yeayyy.
Oke selai nanas udah. Udah dipulung pula.
Tinggal eksekusi dooong?
Tiba-tiba
Maju mundur
Maju mundur
Cantiiik
Cantiiiik
Tetiba udah pegel sendiri bayangin mesti mulungin nastar satu-satu.
Oh god






April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...