Saturday, May 30, 2015

Crepes Maker Wajan Kewalik

Alhamdulillah bertambah lagi alat tempur di dapurku. Kali ini adalaaaaah....
Taraaaa, crepes maker wajan kewalik. Lho piye ki? Bahasane kok campur-campur gado-gado ngono, boso jowo boso londo, dinggo kabeh? Piye jal?
Tenaaaaang, emang gitu kok namanya.
Ini wajan khusus bikin kulit crepes. Ngga seperti wajan lainnya yang bagian cekung itu untuk bahan yang dimasak, ini justru bagian yang cekungnya dibawah yg bersentuhan dengan api. Makanya dinamakan wajan kewalik alias wajan kebalik.

Sebetulnya ini bukan kali pertama aku punya wajan crepes.
Duluuuuu pas tinggal di royal, punya wajan datar dari mama. Diameter 20. Tapi udah aku hibahkan ke almarhum mba Yani, pembantuku waktu di royal. Karena pas aku bikin risoles, dia takjub aku bikin gampang banget pake teflon itu. Hehe. Jadilah aku kasih aja. Yang mana akhirnya agak nyesel sih kenapa ngga aku beliin yang baru aja karena pas aku beli lagi.... hadeuh... merk sama tapi kualitas jauuuuh beda. Memang mama kan belinya udah lama banget. Bahannya masih bagus.

Nah waktu aku mau praktek dadar gulung , aku khusus beli wajan crepes, yang pingirannya ceper. Daaaaan.... ternyata terlalu lebaaaar, saudara saudara. Itu diameter 25 dan kulit darlungnya ketebelan jadinya.
Karena itu, mamanya andri ngasih aku wajan diameter 20cm Royal VKB yang ga diragukan lagi lah kualitasnya (sila googling yak). Itu sama MIL sama sekali blum pernah dipake. Dan emang mantep sangad. Berattt bok. Bahannya tebel banget.
Dan pertama kali dipake.. ada insiden dooong. Lapisan nya kegores sama bibi pas lagi dicuci... tidaaaaaaaak :((((




Karena aku blom niat bikin darlung lagi jadi ini wajan aku pake pertama kali pas buat selai nanas kemaren itu.
Dan entah kenapa aku rada males juga pake wajan ini buat bikin crepes atau kulit risol. Berat banget... asa pegeeeeel kalo bolak baliknya.
Jadilah... tetep aja mata jelalatan mau cari wajan kewalik.
Udah lama banget mau beli tapi maju mundur aja. Di online shop itupun nemunya. Harga beda-beda. Range nya dari 110-135rb belum ongkir.
Naaaaah.... tetiba pas aku ke Vivi,... lha disana tumben ada wajan kewalik. Pas aku cek harga.... 100ribuuuu bok! Waaah... murceee. Jauh sama harga OLs. Ga pikir panjang langsung aja aku masukin keranjang. Yeaaaah.
Pas dikasir ada ibu-ibu tanya ke aku 'berapa itu mbak?'.
'100rb bu, di online shop 130an lho padahal'
Daaaan... si ibu pun ikut-ikutan beli, xixixixi.

Akhirnya... punya juga deh crepes maker wajan kewalik, lalala yeyeyee.
Mau praktek apa yaaaa untuk pertama kali?



April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...