Monday, December 7, 2015

My Very First Opera Cake

Akhirnya setelah nunggu moment dan MOOD terutama, jadi juga praktek Opera Cake.
Duile... gaya banget deh.
Kenapa yang dipilih itu opera cake bukan yang lain, misal: Chocolate devil cake, Triple chocolate cake, Chocolate Mousse Cake, Sacher Torte Cake?
Aku juga ngga tau.
Padahal kalo makan Opera cake nya H4rv3st juga aku ngga yang segitu suka suka amat.
Tapi entah kenapa kok tertantang banget bikin Opera.
Liat resep dan caranya, lumayan bikin puyeng. Secara banyak step. Tapi kata para foodblogger yang udah praktek, prakteknya ngga se-njelimet resepnya kok. Cuma butuh telaten, sabar, dan mood yang lagi bagus.

Oke... buat aku yang super moody-an gini (kecuali buat bikin pesanan yaaa... itu sih alhamdulillah moodnya bagus terus xixixi) nyari mood itu gampang-gampang susah. Tapi alhamdulillah pas mantap bikin opera buat anniversary, moodnya lagi cantik :)

Mood oke, waktu banyak, bahan-bahan lengkap. Perfecto.
Bismillah.

Dimulai bikin Jaconde sponge cake.
Aku bikin malem jam 8. Alhamdulillah lancar. Aku juga pake oven listrik lamaku aja scr pake loyang kecil. Ukuran 20x20. Sekali masuk 2 loyang. Jadi aku 2x manggang. Oya karena tipis, cakenya cepet mateng. 10-15menitan lah.

Udah tuh. Malem cuma ngerjain itu aja.

Esok harinya, aku baru mulai lagi jam 2 siang. Pertama-tama bikin coffee syrup, lalu french coffeebuttercream, setelah selesai, masuk kulkas, lanjut buat ganache filling, lalu dia masuk kulkas.
Setelah udah agak kaya pasta, mulai deh susun menyusun.

Jaconde cake, coffee syrup, french buttercream, Jaconde cake, coffee syrup, chocolate ganache filling, lalu diulang lagi sampe 2X.

Setelah itu masuk kulkas biar set.
Sambil aku bikin ganache glaze.

Nah disini salahnya,... kebetulan ganache glaze aku masih ada dikulkas sisa waktu ada request bday cake costumer maunya pake ganache. Karena sisa banyak, aku simpan dikulkas. Nah kemaren aku angetin deh.

Pas disiram diatas opera, ternyata kinclongnya ilaaaaaang #nangisssss.
Yoweslah mau gimana lagi. Ya ngga?

Trus... yang nyebeliiiiiiiin banget yaitu pada saat aku nulis ucapan diatas cake.

Tangan gw ngga bisa steady. Gemeterrrrr aja #AAARRRGGGHHH rasanya mau banting loyang dan gigit oven!
Aseliiii keseeeeeeeeeelllll.
Eh pas lagi ngedumel marah2 sendiri... Kaka dan Andri teriak "udah siiiihhhhhh.... buat makan sendiri iniiiii".

Yaaaa emang! Buat makan sendiri. Tapi kan ini jadi ngga masuk kategori INSTAGRAMABLE #penting #cetek
Penampilannya... bwahahahahahha. Ngakak sambil nangissssss. Hiksss

Daaan, setelah di jepret2. Dari berbagai sisi walo pada akhirnya teteeeep... ngga bagus. Sebel.

Dipotong lah itu kue.
Semua makan.

Setelah pada makan. Aku bilang ke Andri dan Kaka.
Tolong dooooong kasih testi kuenyaaa. Tapi yang jujur yaaah, ngga terima nilai kasihan. Kalo nilainya kasihan, mimi ngga maju-majuuu.

Ditulislah nilai dari mereka di secarik kertas. Ga boleh salin nyontek hahaaha.

Pas aku buka....
Hahhaha, kaka seperti biasa.... nilainya pasti jelek kalo buat cake2 berkrim. Karena dia ngga suka cake apalagi ada krimnya #goodgirl

Kalo dari Andri... sweet banget sih kamuuuu.
Tadinya sih aku pikir bisa2an aja dia kasih nilai segitu. Ga enak hati kali sama istrinya haha. Tapi ternyata dia makan paling buanyaaaaak kuenyam doyan bangetttt. Padahal kalo beli di H4rv3st /Dapur Cokelat ngga segitu sukanya lho.
Lha ini pas istrinya yang bikin, jadi fans nomor 1. Alhamdulillah. Makasiiiiy ya cintaaaaa :*





Hiksss... penampilannya ngga banget deh ini.
Walo namanya percobaan pertama, tetep ini failed banget deh. Jauuuh dari cantik.
Saking desperate nya aku sampe googling di google images dan cari hashtag #operacake di instagram. Cuma mo cari perbandingan aja. Segimana parahnya sih penampilan opera gw.
Dan hasilnya.....
Bikin gw senyuuuum. Ternyata banyak yang lebih parah dari gw. Hahahahahaha #ketawasetan #senengamatmbak? #situseneng?

Dan karena Ganache Filling dan French Buttercream nya masih nyisa. Yuuuuuk bikin lagiiii. Siapa takut? Practice makes perfect. Aamiin




 from Bloggeroid

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...