Monday, January 11, 2010

Bikin pepes ikan

Ditulis 9 Januari '10

Akhirnya, kemaren perdana gw bikin pepes ikan mas.

Mendadak kemaren siang pengen banget bikin pepes ikan secara gw belom pernah praktek. Padahal nyokap gw jago banget bikin pepes ikan mas, dari balita gw juga udah dicekokin menu itu:D
tapi gw emang belom ada niat bikin selama ini, kebayang aja mesti ( agak ) repot. Secara segala macem bumbu dapur dipake, di bungkusin daon pisang, dibakar pelan ( biar gak gosong ). Sebenernya bisa sih dikukus dulu, malah mostly di method tiap resep emang dikukus dulu, but IMHO rasanya lebih sedepp kalo langsung dibakar tanpa kukus dulu seperti yang selalu mama bikin.

Pernah juga nyobain yang pepes mas tulang lunak. Uuuh sepaaa ( anta / gak ada rasa ), ya gimana sarinya gak mau ilang, lah wong dikukus 8 jam!!! No no i don't like the taste. So tasteless. Walo itu duri emang lunak tapi rasa asli ikan mas yang manisss jadi ilang gak berjejak.

I love my mom's method.

Jadilah kemaren pagi gw ke pasar berburu ikan mas dan bumbu-bumbunya.

Eng
ing
eng...
Ternyata dari 4 penjual ikan di pasar royal, mendadak cuma satu yang sedia ikan mas, itupun tinggal 4 ekor. Dan.... Gendud genduuuud. Gw udah mau batal aja tuh ngeri banget liat badan ikan yang gendud geto, tapi keknya udah niat banget hari kemaren mesti bikin jadilah gw ambil aja 3 ekor, tiba-tiba ' Mba, yang dijual tinggal dua, yang dua lagi udah punya orang'.

DWENG
DWENG...
Tinggal dua???

Oh, ok gpp maju terus pantang mundur, dan setelah ditimbang pun beratnya 1,5kg!!! Jadi per satu ekornya kira-kira 7,5 ons. Gendud kan?

Sampe rumah berbekal resep dari mama,langsunglah gw olah. Dan karena tu ikan gemuk ( dg terpaksa ) dikukus dulu, bukan napa2 tapi gw takut kurang mateng aja kalo langsung dibakar ( gak telaten juga nungguin dibakar langsung yang mesti pake api kweciil ). Tapi ngukusnya gak lama, cuma 45menit doang biar sarinya ndak hilang.

Pas jam 12 siang kebetulan mama papa kerumah beliin kaka lunch. Yowes, ikannya gw share, satu buat mama satu lagi buat gw. Gw wanti2 'kalow gak enak maklum ajah ya ma, namanya juga perdana, hehe'.
Eh ternyata kata mama, enak koq.
Kata kaka, enaaaaak.
Kata andri, enak koq mi.
Thank you yaaaaa.... Kalian emang fans mimi yang paling wokeh dweh:D heheheheeee
Mwuach mwuach

No comments:

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...