Thursday, September 2, 2010

Menyesal

Iya, gw amat sangat menyesali perbuatan gw.
Astaghfirullah
Astaghfirullah
Astaghfirullah

Kalow inget kejadian-kejadian itu rasanya pengen gw delete dari hidup gw.

Iya, dulu gw kadang melakukan child abuse ( Duh busyeeet deh, serem amat bahasanya ). Tapi bener kan? Suka nyubit, suka bentak anak sendiri itu masuk dalam kategori child abuse?...

Ya Tuhanku,.... Maafkan aku yang pernah menyakiti fisik dan psikis titipan-Mu ya Allah....

Dulu, ngga tau kenapa emosiku belom stabil, gampaaaaang naek darah.
Kadang kalo kaka lagi bikin jengkel, aku suka nyubit atau pukul pahanya, astagfirullahhhhh. Itu sejak umurnya sekitar 3th.
Padahal, dengan nyubit masalah ngga akan selesai, namanya juga anak kecil, sekarang dicubit ya lain waktu suka diulang lagi hal yang sama.
Kalow abis nyubit, PASTI timbul rasa nyesel apalagi kalo liat dia lagi tidur, astaghfirullah,.... Anak sekecil itu, yang ngga ngerti apa-apa, polos, ngga ada niat untuk bikin kesel atau jengkel ibunya, semata-mata cuma penasaran mau mengeksplor, yang ngga ada daya upaya untuk membalas kalo disakiti orang tuanya. Ya Tuhaaaaaaaaaannnn,... Ampunilah hamba-Mu ini ya Allah. Ibu yang seharusnya melindungi anaknya, ini kok malah menyakiti dia.

Aseeeellliiiiiiikkkkkk,..... Aku nyesel banget.

Akhirnya, alhamdulillah mulai sekitar setengah tahun yang lalu, aku lebih banyak belajar mengontrol emosi dan terutama ngga pernah lagi pukul atau cubit kaka.

Kalo dia bikin salah secara ngga sengaja, paling aku diemin. Aku ngga ngomong, atau kalo ngomongpun sedikit, terus diam lama. Kalo aku udah turun emosi baru aku kasih tau kenapa aku marah.

Contohnya belom lama ini dia numpahin tempat gula, padahal isinya penuh volume hampir 1kg.
Dia berdiri disamping tumpahan gula sambil ngeliatin aku. Aku bisa liat dimatanya, dia merasa bersalah banget.
Aku ngomong,' Ampun kakaaaaa,..... Lain kali hati-hati dong'. Aku sambil beres-beres gula yang serakan.
Kaka inisiatif bantuin, good. Aku hargai.
Lalu dia bilang,' Maaf ya Mi,.... Kaka ngga sengaja'.
'Iya'.

Asli aku ngga muna, tadinya aku mau ngamuk. Tapi langsung aku sadar. Harga gula berapa sih?!, apa sebanding dg memori buruk yang ngga akan hilang di otak kaka kalo sampe aku cubit, bentak-bentak atau marahin? Lagipula pasti kaka ngga berniat tumpahin gula itu, pasti ngga sengaja, aku kalo melakukan hal salah yang ngga disengaja ya ngga mau juga dibentak-bentak.

Hari Jumat lalu dia juga tumpahin susu ke celana seragam yang lagi dipake untuk sekolah. Lagi-lagi ngga, aku ngga marahin dia, cuma aku kasih pengertian. Langsung aku ganti celananya dg celana jeans, dan lalu tetap pergi ke sekolah. Selesai. Ngga ada gontok-gontokan, ngga ada emosi, ngga ada mood yang rusak cuma gara-gara susu tumpah dipagi hari.

Tadi malam juga, kaka numpahin segelas nata de coco yang lagi dinikmatinya sambil nonton TV.
Aku kesel pasti. ' Ya Ampuuuuuun ka,... Pecicilan terus siiiiiihhhh?'
Andri ngomong,' Biar dia yang bersein sendiri, Mi '
Ok,... Akhirnya kaka ambil tissue, dia ambil potongan-potongan nata de coco nya. Terus aku pel air gula nya.
Selesai. Walaupun malam itu kaka bobo ngga pake aku pok-pok, krn dia udah ceroboh. Dan dia sadar itu.

Pernah juga dia numpahi botol kaca bekas selai yang aku isi meises. Aku lagi dikamar, tiba-tiba dia nyamperin aku,' Mi,... Ceres nya tumpah'. Terus langsung kabur ke depan sofa TV. Takut dimarahin. Aku liat tumpahannya terus ucap,' Ampuuuun kaka, kenapa sih jatoh beginiiii? Kenapa kaka ngga ati-ati....'
Eh bok, dia nangis! Sambil ngomong,' Maaf ya mi,.... Kaka ngga sengaja'.
Duuuuh, cup cup cup..... Jangan nangis gitu doooooong.

Insya allah, aku bisa terus sabar kayak gini tapi tetap harus tegas. Biar kaka tau mana yang benar mana yang salah tanpa perlu disampaikan pake emosi.

Yang pasti dengan lebih sabar ternyata efeknya buat aku pribadi jauuuuuuuh lebih baik. Dengan minim marah-marah hatiku jauh lebih tenang, pikiran juga lebih jernih, dan yang pasti ngga ada penyesalan karena udah marahin psikis/fisik kaka.

Ya Allah, berikanlah aku kesabaran dan ketekunan dalam menjaga titipan-Mu...

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...