Sunday, January 23, 2011

Takut Tapi Harus Kuat

Ngga bisa gw pungkiri, proses melahirkan menimbulkan rasa 'trauma' tersendiri. Gw ( kali ini ) ngga mau sok-sok kuat walaupun pada kenyataannya gw ( pernah ) berhasil melewati proses itu dengan sangat baik.

Waktu hamil kaka, asli gw ngga ada rasa khawatir apalagi ketakutan menghadapi proses persalinan. Walaupun disekeliling gw mostly melahirkan melalui proses caesar, entah mengapa gw sangat positif bahwa gw akan melahirkan bayi dengan normal aka vaginal birth dan walaupun RS yang gw pilih letaknya agak jauh dari rumah, pasti gw akan lahiran disana dengan lancar. Bahkan gw juga minta dokter ngga perlu datang, cukup midwives aja yang membantu persalinan gw. Karena gw YAKIN persalinan gw akan mudah, tanpa hambatan atau kesulitan. Entah itu keyakinan dateng darimana yang pasti aseli gw memang begitu teramat sangat positif dan yakin gw akan melahirkan normal dan lancar.

Hasilnya?.... Cuma perlu waktu 2jam di RS, tanpa dokter, tanpa infusan sama sekali, dan 3 kali pushed, anak gw lahir selamat sentosa. Miracle.

Afirmasi yang kuat mungkin?.... Entah, gw ngga yakin karena afirmasi setidaknya gw ngga pernah menanamkan alam bawah sadar gw untuk selalu berfikiran positif. Semua terjadi begitu aja, so natural.

Kalo soal berdoa, ya pastinya gw berdoa setiap selesai shalat. Ditambah tahajjud, dibantu juga dengan Andri yang rajin puasa senin-kamis, dan setiap mau tidur gw selalu baca ayat kursi 7X spesial buat janin yang gw kandung.
Mungkin karena itu? Wallahualam.

Melahirkan memang TIDAK SAKIT. Gw ngga bohong. Dan memang ngga sakit. Gw ngga ngerasain apa-apa kecuali 'merasa' ada bola segede gajah keluar dari perut gw, yang ada cuma perasaan lega.
Bahkan saat daerah perineum ( daerah antara vagina dan anus ) gw digunting, gw ngga ada rasa apapun. Gw sempet bok, liat guntingnya.
Waktu vagina gw dijahit tanpa bius? Cuma ngerasa cekit-cekit doang.

Itu semua ngga ada apa-apanya dibandingkan dengan?.... Rasa M-U-L-A-S kontraksi. Itu baru yang namanya surga duniaaaaaa. Semua rasa nikmat didunia yang pernah loe rasain, semua kumpul jadi satu dan menghilang. Rasanya loe ngga pengen apa-apa. Saat itu saat terdekat kita sama Tuhan. Ya Allah,.... Rasa itu yang bikin aku trauma. Sakitnya... Ngga ada bandingannya.

Oleh karena itu, kali ini gw mau berdamai dengan rasa sakit itu. Gw harus menanamkan sugesti bahwa rasa itu memang sakit, ngga usah kita lawan, kita terima, pasrah, dan berdamai dengannya. Sadar diri bahwa Tuhan selalu menemani kita disetiap detiknya. Tuhan pasti kasih yang terbaik. Dan saat itu bukan gw aja yang lagi berjuang melahirkan bayi, tapi bayi gw pun lagi berusaha luar biasa keras untuk mencari jalan keluar.
Komunikasi dengan si baby, bikin suasana jadi 'agak' santai, caranya? Ya ngobrol dengan si baby. Biar kita dan si baby ngga stress. Bahwa kita lagi sama-sama berjuang keras.

Iya, mungkin komunikasi dengan janin itu efektif ya?... Soalnya kira-kira beberapa hari sebelum due date kaka, tiap jalan pagi gw selalu ngobrol dengan perut (janin) gw. Ini obrolannya : 'Ka,... Kapan kaka lahir?... Semua udah nungguin lho. Pengen ketemu kaka. Pengen lihat kaka. Nanti kalo lahir, yang gampang ya, Ka.Normal aja. kita berusaha sama-sama'
Sambil terus gw elus-elus perut. Eeeh, bener aja si anak nurut, hihihihi.


Yayayaya,..... Mungkin memang sudah saatnya gw kembali ke 6 tahun yang lalu saat gw menjalani kehamilan kaka yang MUDAH. Semua kebiasaan baik harus sama dilakukan. Jangan kendor, tetap konsisten. Gw mau menjalani kehamilan, kelahiran, dan menyusui kali ini sesukses saat dengan kaka dulu.

Ya Allah,... Please temenin aku terus ya,... I'm just nothing. Bantu aku selalu.

No comments:

April 2004

 Mumpung April blm lewat, sempet2in deh isi blog. Krn April ini spesial, tepat 20thn kita (gw n andri) resmi bertunangan.  9 April 2004 kami...