Saturday, February 12, 2011

GMS

Minggu lalu anakku lagi GMS ( Gerakan Mogok Sekolah ), hehehe.... Setelah sekolah selama kurang lebih hampir 3 tahun baru kali ini kaka mogok sekolah.
Sebetulnya ngga mogok-mogok banget sih, mungkin kalow di 'paksa' sedikit kaka juga mau berangkat, tapi it's a BIG NO NO buat aku untuk paksa kaka sekolah.

Kira-kira dua atau tiga minggu yang lalu dia udah mengeluh 'guru Iqra kaka galak. Marah melulu'... Well, ok. Aku memang tau banget watak guru yang satu ini ( bukan wali kelasnya kaka ), emosional sekali memang. Tapi aku pikir gpp lah karena kebetulan si ibu guru Iqra ini mau resign akhir bulan Feb karena mau melahirkan, otomatis dia ngga ngajar Iqra lagi.

Well, ternyata bukan hanya karena guru Iqra saja penyebab kaka GMS, dia akhirnya bilang ke aku 'Mi,... Kaka sekolahnya berhenti aja ya '
'Kenapa?'
' Guru kaka galak ( wali kelas ), pelajarannya susah, kaka belom bisa dikte tulis sambung terus dimarahin'
......... Thinking.
Eeerrrrrr........ Anak gw masih TK B lho, emang udah seharusnya ya ada pelajaran Dikte tulis sambung?... OMG.

Btw tulis sambung itu jaman gw namanya tulisan elok, yang nulisnya pake buku tulis khusus, garis-garis kecil itu lho.

Asli gw ngga marah denger alasan kaka GMS, gw malah prihatin banget.
Akhirnya?... Gw sama sekali ngga berusaha bujuk kaka untuk sekolah. Cuma sekedar menawarkan aja ' Ka, besok mau sekolah ngga?'.
Selama 4hari ini, kaka selalu jawab 'NGGA'
Ok, ya sudah. Sebagai gantinya dia sering belajar sendiri di rumah. Yang bikin gw takjub, ternyata selama belajar dirumah dia baca buku cerita sendiri, tanpa di eja. DAN, tanpa gw suruh. Gw cuma menyebar banyak buku-buku cerita dan buku calistung kaka aja dirumah. Dikamar juga berantakan banyak buku. Eh ternyata cara itu efektif, lebih menumbuhkan minat belajar dia dibandingkan kalo gw sengaja ajak belajar.

Dan karena udah absent 4hari, gurunya nanyain lah, dia inisiatif mau dateng kerumah tapi gw tolak, mending gw aja yang kesekolahnya deh.
Siangnya usai pulang sekolah gw ajak kaka ke sekolahnya. Ngobrol-ngobrol lah dia dg wali kelasnya. Setelah ngobrol panjang, eh dia semangat lagi tuh sekolah. Tapi kalo yang gw rasakan, belum antusias seperti sedia kala. Maknya pas malam sebelum tidur gw tanya lagi, apa kaka mau sekolah besok pagi? Jawabnya, mau. Padahal kalo misalnya dia jawab ngga pun, gw teteup ngga akan paksa atau bujuk.

Oya, alasan gw ngga bujuk kaka untuk tetap sekolah adalah gw ngga mau bikin trauma. Jangan sampe tumbuh di otak dia bahwa sekolah itu tidak menyenangkan. Fatal akibatnya.
Selain itu, juga karena kaka kan tahun ajaran besok akan mengulang Di TK B lagi, karena umurnya belum genap 6 tahun. Again, gw ngga mau memaksakan anak untuk masuk sekolah dasar lebih awal dari umurnya.

Setelah 2 hari sekolah ini, so far so good. PR juga antusias dikerjain dg senang hati, memang kalo soal PR dia ngga ada keluhan, yang ngeluh malah gw hehe. Ya iyalah, kemaren ada PR menulis 5 butir Pancasila, hellloooooooo.... Anak TK ini, bok. Akhirnya? gw ngga ngingetin kaka sama sekali bahwa dia ada PR. Alhamdulillah gurunya ngga complain PR nya ngga dikerjain, hahaha.


*Ngelus dada dengan pendidikan salah kaprah jaman sekarang*

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...