Monday, April 18, 2011

Njussss Njuussss

Biasanya anak-anak kan paling takut tuh ya kalow diajak ke dokter. ' Takut disuntik ' biasanya sih itu alasannya.
Nah, lain deh dengan anak gw si Kaka. Dia itu malah seneeeeeeeeeng, kalo diajak ke dokter. Dokter apa saja. Entah dokter spesialis anak, dokter THT, dokter kulit, dokter gigi, sampe dokter kandungan, eeeehhh yang terakhir sih dia nganterin gw doang maksudnya :)

Dokter anak?
Pastinya, ya dari imunisasi kan juga udah kenal ya... Trus kalo sakit juga. Kaka ngga pernah ngeluh. Pernah lho dia disuntik pas sakit, cuma nangis bentar doang, asli bentarrrr, ngga ada semenit, hahaha....

Dokter THT?
Asli ini sebetulnya JUSTRU GW yang jiper. Soalnya gw pernah alami sendiri waktu gw sakit sinus / apa sih gw juga ngga ngerti, yang jelas sering keluar darah dari idung gw. Gw ke THT yang kesohor di Tangerang tapi sekaligus HOROR. Sampe gw sumpah sujud ngga mau ke THT lagi, hiks! kapok sekapok-kapoknya. Walopun sejak itu hidung gw langsung sembuh baik dan sampe skg udah 11th ngga ada keluhan lagi, tapi trauma ke THT masih adaaaaaa sampe sekarang, hhhiiiyyyy.
Nah,... Kaka waktu itu pernah ngeluh kuping kanannya sakit, kadang seperti berdenging, katanya suka ngga denger/samar ngga jelas.
Gw ngga kaget dengan keluhan dia, kenapa? Karena dari sejak kaka bayi, kaka kalo ngantuk suka masukin telunjuk-nya dan urek-urek kuping kanan. Dan kalo tidur juga suka ngga sadar sering melakukan hal yang sama.
Akhirnya karena keluhannya makin sering dan gw rasa dia udah merasa cukup terganggu, gw bawa lah dia ke THT Hermina.

Nah,... Pas diperiksa dg alat seperti pulpen dg ujung ada sinarnya, terlihat lah ternyata ada tumpukan kotoran.
Dokternya nanya, ' Ibu suka bersihin kuping anak pake cotton bud ya?..'
' Ooooh ngga pernah Dok, saya bersihin cuma daun kupingnya aja '
Lalu gw jelasin lah kenapa kuping ini bisa tersumbat.
Gw juga baca majalah parenting kaliiiii, kuping anak jangan sekali-kali dibersihin pake cotton bud sampe ke dalam lubangnya, kotoran malah jadi masuk, padahal Allah sudah men-design kuping kita dengan mekanisme yang canggih. Kotoran kuping akan keluar dengan sendirinya. Tugas kita paling membersihkan daunnya aja.
Lagipula logika-nya kalo gw biasa bersihin sampe masuk lubang, kupingnya ngga cuma satu kan yang tersumbat kotoran.

Akhirnya sama sang dokter diambil tindakan.
Caranya?... Kuping kaka disemprot pake cairan. Asli semprotannya ngga berhenti-berhenti. Sampe gw ngiluuuuuuuuu liatnya. Kaka diwanti sama si dokter, ' Nanti kalo sakit, bilang sakit ya.... ' dan kaka hanya sekali ucap 'sakit'....
Dan hasilnya, whoah... Banyak sekaliiiiiii kotorannya. Dan kaka juga lihat sendiri.
Itu untuk pengingat kalo 'pengen garuk kuping' nya kumat :)
Setelah itu alhamdulillah kebiasaan itu hilang.

Dokter gigi, biasanya ditakutin banget nih. Wong yang tua aja suka serem kalo ke drg. Makanya buat kaka, gw cari drg yang child friendly, atas rekomendasi temen gw dapet lah dr. Wenda. Selain child friendly, dia masih mudaaaa, cantiiiik, ruang prakteknya juga semua alat baru dan serba PINK. Kaka yang pink lover jelas senaaaaaaaang. Alhasil, kunjungan rutin ke drg jadi agenda yang menyenangkan buat kaka.

Dokter kulit, ini sih ngga ada kesan apa-apa. Gw bawa kaka ke dokter kulit karena di siku kanannya ada seperti kulit yang beruntusan. Gw pikir itu alergi. Dan ternyata betul kan. Dia alergi pake washlap. Jadikan kalow mandi dirumah mama, suka pake washlap, nah waslap itu kan penuh bakteri. Padahal kalo dirumah ( gw ) gw ngga pernah mandiin kaka pake washlap, selalu pake spons atau loofah aja. Setelah dikasih salep racikan yang dioles setiap mandi, dua hari langsung lenyap. Emang itu dokter kulit paling yahud yang ada di Tangerang. Terkenal banget turun temurun dari puluhan tahun yang lalu.

Intinya, ngga pernah kesulitan ajak kaka ke dokter.
Mungkin selain karena karakter kaka yang gampang sekali dikasih pengertian, ada juga sebab lain yaitu kita ( gw, andri, eyang-eyang nya ) ngga pernah ngasih stigma negatif tentang dokter.
Contoh ' Ayo makan yang banyak. Nanti kalo ngga mau makan, panggil dokter aja biar di SUNTIK! '
Hadooooh,.... Nggaaaaaaaaaa.

Selain ngga pernah kasih stigma negatif, gw juga ngga pernah bohong ke Kaka.
Contohnya, pernah kaka mesti diambil darah karena udah demam 5hari, takutnya DBD, jadi harus cek darah.
Nah ambil darah kan pasti disuntik tuh, gw udah bilang ke Kaka, ' Ka,.... Nanti pas disuntik ambil darah memang sakit. Mmimi ngga bohong. Tapiiiii,.... Sakitnya sebentar kok. Kalo kaka mau nangis, nangis aja. Mau teriak, teriak aja yang kenceng ngga apa-apa. Mimi akan ada disamping kaka. Kaka ngga Usah takut....'
Kaka angguk-angguk.
Pas masuk lab. Kaka duduk di kursi pasien. Aku dan Andri duduk disampingnya. Tangan kirinya yang mau diambil darah. Aku pegang dan elus-elus bahunya.
Ternyata bukan diambil darah pake suntikan melainkan jari tengah nya di tusuk dg jarum lalu dipencet-pencet sedikit-sedikit lalu darahnya diambil setetes demi setetes masuk ke tabung kecil.
Waktu mau ditusuk, ...... Kaka udah siap-siap teriak. Pas kena tusukan, dia teriak eeeehhhh baru teriak seperempat dari kekuatannya, dia berenti sendiri trus nyengir, hahahahahahaha..... Dia bilang ' Ngga sakit kok '

No comments:

Sabun Batang GIV Review

 Mau sharing tentang sabun batang GIV , deh.  Gw udh temenan sm sabun ini sejak entah kapan, yang jelas sabun ini penyelamat baju² Kalo kena...